Ahli Berhasil Rekonstruksi Gen Badak Berbulu Zaman Es

Kompas.com - 05/11/2023, 17:03 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, ilmuwan berhasil merekonstruksi genom mitokondria badak berbulu Eropa yang telah punah.

Rekontruksi ini bisa dilakukan karena peneliti menggunakan DNA yang diambil dari fosil kotoran hyena gua yang ditemukan di Jerman.

Baca juga: Peneliti Akhirnya Berhasil Ungkap Sejarah Evolusi Badak

Rekonstruksi ini pun menurut peneliti dapat memberikan petunjuk mengenai perbedaan regional antara kawanan badak.

Selain itu juga menunjukkan bahwa kotoran yang menjadi fosil atau biasa disebut koprolit dapat menjadi sumber daya berharga dalam penelitian.

"Mitogenom yang dihasilkan di sini adalah catatan mitogenomik pertama dari badak berbulu Eropa dan dengan demikian merupakan sumber penting untuk membantu menyelesaikan filogeografi spesies megafauna Pleistosen yang ikonik ini," tulis peneliti dalam makalah mereka, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (3/11/2023).

Badak berbulu (Coelodonta antiquitatis) sendiri menjelajahi Eurasia pada zaman Pleistosen hingga punah sekitar 10.000 tahun yang lalu.

DNA didapat dari analisis kotoran hyena

Dalam studi ini, tim yang dipimpin oleh ahli biologi molekuler Peter Andreas Seeber dari Universitas Konstanz di Jerman mempelajari dua fosil kotoran hyena gua (Crocuta crocuta spelaea) yang telah punah, yang memangsa badak berbulu di tempat yang sekarang disebut Jerman.

Ini mungkin terdengar menjijikan, tetapi kotoran prasejarah sebenarnya sangat berharga karena dapat memberikan gambaran langka tentang genetika hewan di masa lalu.

Seeber dan rekan-rekannya menggunakan alat khusus untuk mengekstraksi bahan dari dalam koprolit.

Meski DNA terdegradasi, peneliti berhasil menyusun genom mitokondria dari badak berbulu, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.