Ilmuwan Menduga Ratusan Gajah di Afrika Mati karena Bakteri

Kompas.com - 29/10/2023, 09:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pada Mei dan Juni 2020, sebanyak 350 ekor gajah di Botswana mati secara misterius.

Setelah kematian massal ini, 35 ekor gajah lainnya juga mati antara bulan Agustus dan September 2020 di wilayah barat laut Zimbabwe.

Saat ini, para ilmuwan mungkin telah menemukan penyebab tragedi tersebut, yakni bakteri tak dikenal yang dikenal sebagai Bisgaard taxon 45.

Infeksi bakteri pada gajah

Ratusan bangkai gajah di Afrika ditemukan dalam kondisi utuh, yang menunjukkan bahwa mereka tidak diburu dan tewas bukan karena diambil gadingnya.

Ditambah lagi, tidak ada bukti keracunan, yang mungkin ditemukan jika terjadi konflik antara manusia dan hewan.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Bayi Gajah, Tak Hanya Suka Mengisap Belalai

Pakar satwa liar berspekulasi bahwa cyanobacteria mungkin bertanggung jawab atas kematian ratusan gajah ini, namun dugaan tersebut kemudian dikesampingkan.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan asal Inggris mempelajari 15 ekor gajah yang terkena dampak dari tragedi kematian gajah pada Agustus hingga September 2020, dan menemukan bahwa enam gajah di antaranya terinfeksi Bisgaard taxon 45, yang menyebabkan septikemia fatal (keracunan darah).

Meskipun ukuran sampel penelitian terbatas karena beberapa keterbatasan, para peneliti yakin bahwa bakteri tersebut mungkin terkait dengan kematian ratusan gajah lainnya.

Prof. Falko Steinbach, kepala virologi di Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan Inggris, menyatakan, identifikasi bakteri tersebut merupakan langkah maju yang signifikan dalam mempelajari lebih lanjut penyebab ratusan gajah ini mati.