Kompas.com - 28/10/2023, 15:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Alam semesta adalah tempat yang sangat besar dan dipenuhi dengan dengan objek-objek yang juga besar.

Planet, bintang, galaksi, dan gugus galaksi meluas dalam skala yang semakin besar. Berikut adalah daftar beberapa objek terbesar di alam semesta.

1. Planet ekstrasurya terbesar: GQ Lupi b

Para astronom tidak yakin dengan pendapat mereka tentang GQ Lupi b yang misterius ketika pertama kali ditemukan pada tahun 2005.

GQ Lupi b mengorbit sebuah bintang muda sekitar dua setengah kali lebih jauh dari jarak Pluto dari matahari, objek pendampingnya tampaknya adalah sebuah planet atau planet katai coklat, yang sebenarnya merupakan sejenis bintang kecil.

Pengamatan selanjutnya masih belum dapat menghilangkan kebingungan tersebut, namun perkiraan terbaik menunjukkan, GQ Lupi b memiliki radius sekitar 3,5 kali radius Jupiter.

Baca juga: Ilmuwan Hanya Temukan 1 Persen Bahan Kimia di Alam Semesta

Ini berarti bahwa jika GQ Lupi b adalah sebuah planet ekstrasurya, maka ia adalah yang terbesar yang pernah ditemukan.

2.Bintang terbesar: UY Scuti

UY Scuti adalah bintang raksasa dengan radius sekitar 1.700 kali lebih besar dari matahari. Ini menjadikannya bintang terbesar yang diketahui di alam semesta.

Jika UY Scuti ditempatkan di pusat tata surya, tepinya akan melampaui orbit Jupiter. Gas dan debu yang mengalir dari bintang ini akan meluas lebih jauh lagi, melampaui orbit Pluto atau sekitar 400 kali jarak Bumi-Matahari.

3. Nebula terbesar: Nebula Tarantula

Nebula terbesar yang diketahui adalah Nebula Tarantula, yang membentang lebih dari 1.800 tahun cahaya pada rentang terpanjangnya.

Juga dikenal sebagai 30 Doradus, Nebula Tarantula terletak 170.000 tahun cahaya dari Bumi di Awan Magellan Besar, sebuah galaksi satelit kecil yang mengorbit Bima Sakti.