Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Sendiri, Tanaman Berbunga Selalu Butuh Bantuan Penyerbuk

Kompas.com - 13/10/2023, 06:33 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang keindahan alam dan ekosistem yang seimbang, tanaman berbunga selalu menjadi salah satu elemen yang menarik perhatian.

Bunga bukan hanya untuk dinikmati oleh mata kita, tetapi juga memiliki peran penting dalam ekosistem dan pertanian.

Baca juga: Terungkap, Asal Muasal Kemunculan Tanaman Berbunga di Bumi

Salah satu faktor kunci yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman berbunga adalah penyerbuk, yang dapat berupa serangga, burung, angin, atau bahkan tangan manusia.

Lantas, mengapa tanaman berbunga membutuhkan penyerbuk?

Peran penyerbuk bagi tanaman berbunga

Penyerbukan adalah bagian yang sangat penting dari siklus hidup angiospermae atau tanaman berbunga karena penyerbuk membantu meningkatkan keragaman, dikutip dari Learn Genetics pada Selasa (10/10/2023).

Penyerbukan sendiri terjadi ketika serbuk sari berpindah dari satu bunga ke bunga lain pada tanaman yang sama atau dari antera ke stigma pada bunga yang sama.

Proses ini terjadi tanpa bantuan luar dan memiliki keuntungan mudah terjadi, tetapi menghasilkan tanaman dengan genetika identik yang rentan terhadap perubahan lingkungan.

Penyerbukan silang, di sisi lain, melibatkan transfer serbuk sari antara tanaman yang berbeda dan sangat bergantung pada penyerbuk eksternal seperti burung, lebah, dan kupu-kupu.

Meskipun lebih berisiko, penyerbukan silang mendukung keberagaman genetik dan ketahanan tanaman terhadap perubahan lingkungan.

Baca juga: Bagaimana Cara Bunga Menarik Hewan Penyerbuk?

Penyerbukan silang memungkinkan tanaman untuk menggabungkan informasi genetik dari dua tanaman induk, meningkatkan keragaman dan kemungkinan kelangsungan hidup dalam berbagai kondisi lingkungan.

Melihat begitu pentingnya peran penyerbuk bagi tanaman berbunga, lantas bagaimana cara bunga menarik penyerbuk?

Cara khas bunga menarik penyerbuk

Penyerbuk merespons warna, bau, bentuk, dan ukuran bunga, serta menggunakan karakteristik tertentu untuk menemukan bunga pilihan mereka.

Dilansir dari Science ABC pada Selasa (10/10/2023), beberapa cara khas dan tidak biasa bunga berevolusi untuk menarik penyerbuk mereka.

1. Warna bunga

Warna bunga merupakan salah satu karakteristik utama yang menarik penyerbuk. Studi menemukan preferensi lebah dan kolibri terhadap warna tertentu. 

Dalam penelitian ini, mereka mengamati bahwa kolibri secara eksklusif menyerbuki bunga monyet merah (Mimulus cardinalis), yang juga mengandung pigmen kuning, sementara lebah secara eksklusif menyerbuki bunga monyet (M. lewisii) yang tidak mengandung pigmen kuning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com