Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Konsumsi Tomat untuk Kesehatan Tubuh yang Sayang Diabaikan

Kompas.com - 10/09/2023, 17:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda tentu tidak asing lagi dengan tomat. Buah dengan rasa manis dan asam ini sering digunakan sebagai paduan dalam masakan atau di makan mentah begitu saja.

Namun bukan hanya sekedar menambah rasa dalam makanan, tomat ternyata menawarkan manfaat kesehatan yang memengaruhi sistem tubuh.

Baca juga: Perubahan Iklim Pengaruhi Produksi Tomat, Apa Dampaknya?

Jadi apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari tomat, berikut pembahasannya seperti dikutip dari Verywellhealth, Jumat (8/9/2023).

1. Tomat rendah kalori dan penuh nutrisi penting

Satu buah tomat mentah berukuran sedang mengandung sekitar 22 kalori dan kurang dari satu gram lemak. Secara alami rendah natrium dan rendah glikemik, dengan hanya 6 miligram (mg) natrium dan 3 gram (g) gula.

Satu buah tomat mentah juga mengandung sekitar setengah cangkir air, menjadikannya makanan yang sangat baik untuk hidrasi.

Antioksidan tertentu, seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin, lebih banyak tersedia untuk diserap tubuh saat tomat dimasak.

Baca juga: Apa Saja Makanan untuk Membantu Kurangi Konsumsi Gula?

Antioksidan dapat membantu memerangi radikal bebas, molekul tidak stabil yang merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Tomat juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting yang mendukung sistem tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh, tulang, dan darah.

Sementara sejumlah kecil fluorida, folat, vitamin A, vitamin K, dan beta-karoten dapat ditemukan dalam tomat mentah.

2. Mendukung kesehatan jantung

Ahli diet terdaftar Angela Houlie mengatakan seseorang dapat mendapatkan porsi potasium yang sehat dari tomat. Satu buah tomat berukuran sedang mengandung jumlah potasium yang sama dengan pisang.

Kalium dan natrium keduanya merupakan bahan penting untuk fungsi jantung supaya dapat berkontraksi dan mengembang, dan potasium sangat penting untuk merelaksasi pembuluh darah.

3. Mendukung pemulihan setelah olahraga

Tomat mengandung beberapa elektrolit, yang penting untuk fungsi dasar sel. Kalium, natrium, magnesium, dan fluorida dalam tomat dapat membantu mengurangi nyeri otot dan kelelahan setelah berolahraga.

Kandungan air dalam tomat juga menambah hidrasi ekstra. Sementara buah ini juga bersifat anti inflamasi karena mengandung vitamin C, sehingga dapat membantu mendukung pula pemulihan.

Baca juga: 4 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

4. Melindungi dari demensia

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak kalium dan lebih sedikit natrium memiliki fungsi kognitif yang lebih baik.

Studi lain juga menemukan orang yang memiliki kadar lutein dan zeaxanthin lebih tinggi dalam darah, yang ditemukan dalam tomat yang dimasak, memiliki tingkat demensia yang lebih rendah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com