Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berjalan 10.000 Langkah Per Hari?

Kompas.com - 10/09/2023, 12:32 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berjalan dianggap sebagai gerakan manusia paling dasar. Di masa lalu itu menjadi cara manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kini di zaman modern, jalan kaki menjadi salah satu pilihan olahraga yang mudah dilakukan oleh setiap orang dan menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Jalan Kaki Setiap Hari?

Namun Anda mungkin bertanya-tanya apa dampak potensial pada tubuh ketika rutin berjalan kaki misalnya saja 10.000 langkah per hari.

Berjalan 10.000 langkah

Mengutip Verywellfit, Jumat (8/9/2023) kebanyakan orang telah mendengar bahwa berjalan 10.000 langkah setiap hari adalah ukuran untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Tetapi hanya sedikit orang yang tahu dari mana angka tersebut berasal atau apakah itu berlaku untuk mereka.

Rekomendasi awal 10.000 langkah sehari tidak didasarkan pada penelitian apa pun, namun sebenarnya merupakan bagian dari kampanye iklan Jepang pada tahun 1965 yang dirancang untuk menjual pedometer.

Sejak itu, beberapa penelitian justru ingin membuktikan apakah 10.000 langkah atau sekitar 6 kilometer menjadi ukuran ideal untuk kesehatan dan kebugaran.

Hasil keseluruhannya beragam, yang menunjukkan bahwa tidak ada satu rekomendasi yang cocok untuk semua dan kebutuhan setiap orang adalah unik.

Baca juga: Tak Hanya Jalan Kaki 10.000 Langkah, Jalan Cepat Juga Punya Manfaat bagi Kesehatan

Nah, dengan berjalan kaki secara rutin setiap hari manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan, berikut beberapa antaranya.

Manfaat kardiovaskular

Jalan kaki adalah salah satu bentuk pelatihan kardiovaskular yang meningkatkan cara tubuh menggunakan oksigen. Ketika kapasitas aerobik meningkat, tubuh menggunakan oksigen dengan lebih efesien yang berarti jantung tetap kuat dan arteri tetap bersih.

Kabar baiknya itu bisa Anda lakukan dalam durasi lama atau dengan intensitas tinggi tanpa merasa kehabisan tenaga.

Penelitian juga menunjukkan berjalan kaki terutama dengan kecepatan tinggi dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dampak untuk kesehatan mental

Jalan kaki setiap hari dapat membantu meningkatkan suasana hati yang lebih positif dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Ini juga didukung dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology.

Studi itu menyebut berjalan di alam memberikan manfaat yang berdampak bagi kesehatan mental, termasuk tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan olahraga di dalam ruangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com