Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2023, 16:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain antioksidan, jeruk nipis juga mengandung kalium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium, serta magnesium.

Manfaat air jeruk nipis

Menghidrasi tubuh dengan minum cukup air sangatlah penting. Menambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam air pun patut dicoba untuk mendapatkan manfaat lebih.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan.

Baca juga: 3 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan

1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, yakni antioksidan yang memperkuat kolagen. Oleh sebab itu, minum air jeruk nipis dapat menghidrasi dan meremajakan kulit.

Perlu diketahui bahwa tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit karena paparan sinar matahari setelah pengaplikasiannya dapat menyebabkan fitofotodermatitis atau luka bakar yang menyakitkan.

2. Melancarkan pencernaan

Minum air jeruk nipis dapat melancarkan pencernaan. Jeruk nipis bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis merangsang sekresi cairan pencernaan.

Untuk sembelit, keasaman jeruk nipis dapat melancarkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus.

Baca juga: 4 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

3. Melawan infeksi

Risiko terkena infeksi lebih tinggi selama musim pilek dan flu. Minum air jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kesehatan berkat kandungan antioksidannya.

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti virus pilek dan flu.

4. Membantu penurunan berat badan

Manfaat air jeruk nipis lainnya adalah membantu mengontrol berat badan. Asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Selain dengan minum air jeruk nipis, aktivitas fisik yang teratur dan kontrol porsi makan juga sangat penting untuk menurunkan berat badan berlebih.

Oleh sebab itu, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu dan rutin konsumsi buah serta sayuran segar.

Baca juga: 3 Manfaat Mandi Air Garam Laut untuk Kesehatan

5. Menurunkan gula darah

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur cara tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. Hasilnya, tubuh mengalami lebih sedikit lonjakan gula darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com