Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kita sangat terbiasa dengan siklus harian di Bumi, yakni Bumi berputar berlawanan arah jarum jam pada porosnya, dimulai dengan matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Siklus itu membawa kita ke malam hari dan akhirnya ke hari baru.

Di Bumi, siklus harian tersebut berlangsung selama 24 jam. Namun, lamanya satu hari di planet-planet lain di tata surya berbeda dengan Bumi.

Berapa lama satu hari dan satu tahun di Mars?

Mars adalah planet dengan siklus harian yang sangat mirip dengan Bumi. Hari sidereal di Mars adalah 24 jam, 37 menit, dan 22 detik, sedangkan hari mataharinya adalah 24 jam, 39 menit, dan 35 detik.

Oleh sebab itu, dilansir dari Royal Museum Greenwich, satu hari di Mars (disebut sebagai “sol”) kira-kira 40 menit lebih lama daripada satu hari di Bumi.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Berjalan Keliling Bulan?

Panjang satu tahun Bumi rata-rata 365,25 hari. Kita mengalami perubahan musim sejak poros bumi miring sebesar 23,5 derajat.

Meskipun Bumi memiliki orbit yang eksentrik, jaraknya yang bervariasi dari Matahari sepanjang tahun tidak banyak berpengaruh terhadap suhu dibandingkan dengan pengaruh kemiringan sumbu Bumi.

Hal ini terlihat dari jarak Bumi-Matahari yang lebih pendek pada musim dingin di belahan bumi utara dan lebih panjang pada musim panas. Suhu umumnya lebih tinggi di musim panas, meskipun sebenarnya Bumi berada jauh dari Matahari.

Karena Mars lebih jauh dari Matahari dibandingkan Bumi, satu tahun di Mars lebih panjang, yakni 687 hari.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Galaksi Terdekat?

Meskipun kita tidak akan menua lebih cepat, jika kita tinggal di Mars, kiga hanya akan merayakan ulang tahun kira-kira setiap dua tahun sekali karena ulang tahun menandai orbit lain mengelilingi Matahari.

Sumbu Mars memiliki kemiringan yang sama dengan kemiringan Bumi. Kemiringan sumbunya sebesar 25 derajat, yang berarti Mars juga mengalami musim.

Namun, eksentrisitas orbit Mars mengelilingi Matahari lebih dari lima kali lipat eksentrisitas orbit Bumi sehingga jaraknya yang bervariasi dari Matahari sepanjang tahun juga berperan besar dalam siklus musimnya.

Cara menentukan lamanya durasi satu hari

Lamanya satu hari dapat ditentukan dengan dua cara, yakni hari sidereal dan hari matahari.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Uranus?

Apa itu hari sidereal?

Waktu yang diperlukan suatu planet untuk berputar satu kali agar bintang-bintang muncul kembali pada posisi yang sama di langit malam disebut hari sidereal.

Di Bumi, hari siderealnya adalah 23 jam 56 menit 4 detik. Meskipun para astronom kadang-kadang menggunakan hari sidereal sebagai perjalanan waktu, dalam kehidupan sehari-hari kita lebih akrab dengan gagasan hari matahari.

Apa itu hari matahari?

Hari matahari adalah lamanya waktu yang dibutuhkan sebuah planet untuk berputar pada porosnya sehingga Matahari muncul pada posisi yang sama di langit siang hari. Di Bumi, satu hari matahari rata-rata berdurasi 24 jam.

Hari matahari lebih panjang dari hari sidereal karena Bumi tidak hanya berputar pada porosnya, tetapi juga mengorbit mengelilingi Matahari.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Saturnus?

Artinya, dibutuhkan waktu sedikit lebih lama setiap hari, sekitar empat menit, agar Matahari muncul di bagian langit yang sama seperti hari sebelumnya.

Hari matahari selama 24 jam juga dianggap sebagai durasi rata-rata karena Bumi memiliki orbit yang eksentrik mengelilingi Matahari (bukan lingkaran sempurna). Bumi tidak bergerak dengan kecepatan konstan sepanjang orbitnya sehingga lamanya hari matahari dapat bervariasi setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com