Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2023, 10:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Varian virus corona baru, BA.2.86 yang dijuluki varian Covid Pirola telah menimbulkan kekhawatiran para dokter sejak pertama kali terdeteksi di Inggris pada akhir Agustus lalu.

Varian Pirola telah dilaporkan menyebar di berbagai negara, dengan gejala Covid-19 yang hampir sama dengan infeksi dari varian virus corona lainnya.

Selain Inggris, infeksi Pirola telah dilaporkan di 8 negara, di antaranya Denmark, Swedia, Amerika Serikat, Portugal, Afrika Selatan, Kanada dan Israel.

Baca juga: Apa Saja Gejala Varian Eris yang Perlu Diketahui?

Dilansir dari Independent, Senin (4/9/2023), kasus baru dari Covid varian Pirola terdeteksi di Inggris. Jejak varian virus tersebut ditemukan di dalam air limbah.

Covid Pirola telah menjadi jenis virus corona baru yang dimasukkan ke dalam daftar pengawasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pada akhir bulan lalu.

Gejala-gejala varian Pirola

Ahli epidemiologi dan pemimpin respon penanganan Covid-19 dari WHO, Dr Maria Van Kerkhove mengatakan, informasi yang tersedia terkait jenis varian baru Covid ini masih sangat terbatas.

Namun, menurutnya, ada beberapa gejala varian Pirola yang dilaporkan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pilek
  2. Sakit kepala
  3. Kelelahan
  4. Bersin
  5. Sakit tenggorokan

Ada pun gejala infeksi Covid varian Pirola yang dilaporkan pada kasus pertama di Inggris, pasien merasa sedikit tidak enak badan.

Baca juga: Apa Saja Gejala Infeksi Omicron Subvarian XBB 1.5 Kraken?

 

Sedangkan kasus kedua, pasien melaporkan tidak memiliki gejala sakit pernapasan. Kasus ketiga yang dilaporkan di Skotlandia, digambarkan bahwa pasien memiliki gejala infeksi Covid.

Sementara itu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan, kasus-kasus Covid varian Pirola di Inggris tampaknya tidak tertular dari luar negeri.

Setiap infeksi yang diidentifikasi berasal dari data pengujian di rumah sakit dan para pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri baru-baru ini.

Lebih lanjut UHKSA mengungkapkan, varian Pirola juga telah terdeteksi di air limbah di beberapa negara, namun tidak disebutkan di mana lokasinya.

Strain virus corona dari varian Covid Pirola ini disebut sebagai BA.X, dan ditemukan melalui pengurutan genetik, yang dilakukan para ilmuwan dengan menentukan blok-blok pembangun molekul DNA.

Baca juga: Apa Saja Gejala Infeksi Virus Oz dari Gigitan Kutu?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com