Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Mengonsumsi camilan atau makanan ringan bisa bermanfaat saat lapar melanda dan kita tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan.

Sayangnya, banyak makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan gula olahan yang tinggi, yang membuat kita merasa tidak kenyang dan justru meningkatkan nafsu makan.

Untuk itu, pastikan camilan yang dikonsumsi bergizi dan mengandung protein. Protein meningkatkan rasa kenyang karena membantu pelepasan hormon penekan nafsu makan, memperlambat pencernaan, dan menstabilkan kadar gula darah.

Camilan yang mengandung protein tinggi

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa pilihan camilan berprotein tinggi yang menyehatkan.

Baca juga: 5 Camilan untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

1. Telur rebus

Telur adalah makanan yang sangat sehat, yang mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain bergizi, telur juga serbaguna sehingga bisa dijadikan camilan sehat yang praktis.

Satu telur rebus menyediakan 6 gram protein, yang akan membuat kita kenyang hingga waktu makan berikutnya. Khasiat telur yang meningkatkan rasa kenyang juga dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

2. Sepotong keju cheddar

Selain menjadi camilan yang praktis, keju sangat sehat dan mengenyangkan. Keju adalah sumber kalsium, fosfor, dan selenium yang sangat baik, serta mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya.

Selain itu, keju juga kaya akan protein. Satu potong keju cheddar menyediakan 7 gram protein, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Baca juga: 7 Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Dalam sebuah penelitian pada pria yang kelebihan berat badan, asupan kalori menurun hingga 9% setelah peserta mengonsumsi keju untuk camilan.

Studi lain menemukan, anak-anak yang makan keju dan sayuran untuk camilan membutuhkan kalori yang jauh lebih sedikit untuk membuat mereka kenyang daripada anak-anak yang makan keripik kentang.

Ukuran porsi yang wajar untuk keju adalah sekitar 28–57 gram. Mengingat keju mengandung banyak kalori, pilihan paling baik adalah mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

3. Kacang almond

Mengonsumsi segenggam kacang almond atau kacang jenis lain sebagai camilan adalah cara sederhana untuk menambah asupan protein.

Satu ons almond menyediakan 6 gram protein, bersama dengan vitamin E, riboflavin, mineral, dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: 7 Camilan Sehat untuk Diet, Kacang hingga Roti Gandum

Mengonsumsi kacang almond sebagai camilan secara teratur dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, salah satunya dapat membantu mengatur berat badan.

4. Apel dengan selai kacang

Apel dan selai kacang adalah camilan lezat dan padat nutrisi sehingga mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com