Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2023, 15:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tidak semua hewan yang kuat adalah hewan yang bertubuh besar. Beberapa hewan kecil juga ada yang memiliki kekuatan berkali-kali lipat dari beban tubuhnya.

Semut adalah salah satu serangga mungil yang mampu mengangkat benda yang jauh lebih berat dari tubuhnya sendiri. Ini membuktikan bahwa semut termasuk hewan kecil yang kuat.

Kekuatan semut

Melansir Ask Dr. Universe, Rich Zack, ilmuwan di Washington State University yang mempelajari serangga, mengatakan bahwa salah satu jenis semut yang ia pelajari dapat membawa beban hingga 20 kali beratnya sendiri.

Sementara itu, menurut Wildlife Informer, semut rangrang Asia sangat kuat sehingga mereka dapat membawa beban 100 kali berat badan mereka, bahkan ketika mereka dalam posisi terbalik.

Baca juga: Jumlah Semut di Dunia Melebihi Populasi Manusia di Bumi, Ada Berapa?

Zack menjelaskan, kekuatan umumnya dianggap sebagai kemampuan untuk membawa sesuatu yang berat. Semut dapat mengangkat batang besar, daun, bahkan ada yang membawa belalang dewasa. Namun, tentu saja, mereka tidak bisa mengangkat garpu karena kekuatan semut, dan hewan lain, relatif terhadap ukurannya.

Semut tidak memiliki otot khusus yang memberi mereka kekuatan super. Faktanya, otot semut sebenarnya mirip dengan otot hewan lain.

Penyebab semut dapat membawa beban yang lebih berat dari tubuhnya adalah volume keseluruhan tubuh semut jauh lebih besar daripada permukaannya. Oleh sebab itu, otot semut tidak perlu bekerja terlalu keras yang bisa menyebabkan kelelahan.

Di samping itu, kekuatan semut tidak hanya pada kemampuannya untuk mengangkat beban yang jauh lebih berat dari tubuhnya, tetapi juga pada kecepatan rahang yang mereka gunakan untuk menggali.

Baca juga: Kenapa Semut Menggigit Manusia?

Apakah semut adalah serangga terkuat?

Kekuatan semut memang luar biasa, tetapi ada beberapa serangga yang jauh lebih kuat. Kumbang kotoran adalah serangga yang dapat mengangkut lebih dari 1.000 kali berat tubuhnya. Spesies kumbang lain juga dapat menopang berat dalam jumlah besar.

Kumbang juga memiliki kerangka luar yang sangat keras. Bahkan, beberapa spesies, seperti kumbang besi, sangat kuat sehingga kita tidak dapat menghancurkannya dengan sepatu.

Kemudian, ada lebah madu yang hanya bisa membawa beban sekitar setengah dari berat tubuhnya, namun ia mampu melakukannya saat terbang di udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com