Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hewan Terkuat di Bumi, Salah Satunya Kumbang Kotoran

Kompas.com - 20/07/2023, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Membicarakan hewan terkuat di Bumi, mungkin banyak yang menduga bahwa kategori tersebut hanya untuk hewan-hewan bertubuh besar.

Faktanya, hewan kecil pun bisa menjadi hewan terkuat, mengingat kekuatan hewan sangat beragam dan relatif terhadap berat badannya.

Hewan paling kuat di Bumi

Melansir AZ Animals, berikut adalah beberapa hewan paling kuat di Bumi.

1. Mamalia terkuat: Gajah

Belalai gajah Asia memiliki lebih dari 150.000 serat otot yang membentuk 40.000 otot yang berbeda. Belalainya pun terdiri dari sangat sedikit lemak dan tidak ada tulang maupun tulang rawan.

Selain sangat kuat, ujung belalai gajah memiliki kemampuan seperti jari. Hal ini memungkinkan gajah menggunakan keterampilan motorik halus dan memanipulasi objek yang sangat kecil dengan belalainya.

Baca juga: Hewan-hewan Termalas di Dunia

Kekuatan gajah yang sangat besar memungkinkan mamalia ini untuk mudah pohon besar dengan mudah atau menyemprotkan air hingga sebanyak satu galon air. Selain itu, gajah dapat membawa hingga 7 ton beban atau sekitar 130 manusia dewasa.

2. Burung terkuat: Elang

Beberapa spesies elang memangsa hewan yang relatif besar seperti monyet dan kungkang. Jadi, tidak mengherankan jika burung ini dapat dengan mudah mengangkat beban yang beratnya berkali-kali lipat dari bobot tubuhnya.

Elang harpa yang sangat kuat memiliki berat sekitar 5 kg, namun burung ini dapat membawa mangsa yang beratnya mencapai 16 kg.

3. Ikan terkuat: Kerapu Goliath

Ikan kerapu Goliath dapat tumbuh hingga mencapai panjang 2,7 m. Ukuran terbesar yang tercatat dari ikan ini adalah sekitar 360 kg atau setara dengan berat rusa betina.

 Baca juga: 4 Hewan Paling Pintar di Laut, Gurita hingga Berang-berang Laut

Kerapu Goliath akan memakan apa saja yang ada di lautan. Bahkan, mereka bisa menyerang hewan-hewan besar seperti gurita, penyu laut, barakuda, dan hiu.

4. Hewan terkuat dibandingkan ukurannya: Kumbang kotoran

Kumbang kotoran layak dinobatkan sebagai salah satu hewan terkuat, terutama jika mempertimbangkan ukuran tubuhnya dibandingkan beban yang ia bawa.

Umumnya, kumbang kotoran memiliki berat kurang dari 1 ons, tetapi mereka dapat membawa beban sebesar 1.141 kali bobot mereka sendiri.

Sebagai perbandingan, jika manusia dapat memindahkan beban sebanyak itu, itu sama dengan satu orang menarik enam bus tingkat penuh sendirian.

5. Serangga terkuat: Kumbang Hercules

Secara teknis, gelar serangga terkuat tidak hanya dimiliki oleh kumbang kotoran, tetapi kumbang Hercules juga patut diperhitungkan.

Baca juga: 5 Hewan Paling Langka, Ada yang Berasal dari Indonesia

Kumbang Hercules dapat tumbuh hingga 18 cm dan beratnya sekitar 4 ons. Meski demikian, kumbang ini termasuk serangga yang besar dan mengesankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com