Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Membicarakan hewan paling tinggi di dunia, tentu yang pertama kali diingat adalah jerapah, mamalia dengan leher yang sangat panjang. 

Selain jerapah, terdapat hewan-hewan lain yang juga sangat tinggi. Beberapa di antaranya ada yang berasal dari kelompok mamalia dan unggas.

Dilansir dari AZ Animals, berikut adalah daftar 5 hewan paling tinggi di dunia.

1. Jerapah 

Jerapah adalah hewan tertinggi di dunia. Leher jerapah saja panjangnya hampir mencapai 2 m. Sementara itu, tinggi keseluruhan jerapah sekitar 4,2 m hingga 5,7 m.

Tidak hanya tinggi, jerapah juga hewan yang sangat berat dengan bobot antara 793 kg hingga 1,2 ton.

Baca juga: 5 Hewan Paling Gemuk di Dunia

Jerapah menggunakan lehernya yang panjang untuk memakan dedaunan di pohon yang tinggi. Leher panjang jerapah juga sangat berguna untuk membantu mereka mengidentifikasi predator. 

2. Gajah semak Afrika

Hewan tertinggi kedua di dunia adalah gajah semak Afrika. Gajah semak Afrika memiliki tinggi sekitar 3 m hingga 5 m. 

Hewan dengan bobot 6 ton ini bisa dapat hidup hingga 70 tahun. Karena tubuhnya yang sangat besar, gajah semak Afrika tidak memiliki banyak predator setelah dewasa. Sayangnya, populasi gajah Afrika terancam akibat perburuan liar.

3. Burung unta

Burung unta termasuk hewan tertinggi di dunia. Mereka memiliki kaki dan leher yang sangat panjang.

Burung unta dapat mencapai tinggi antara 2 m hingga 3 m saat dewasa. 

Baca juga: 5 Hewan Paling Agresif di Dunia

Dengan kaki panjangnya, burung unta bisa berlari sangat cepat hingga 64 km per jam, meski masih lebih lambat dari cheetah. Burung unta tidak bisa terbang, tetapi mereka memiliki sayap yang lebarnya hingga 1,8 m.

4. Beruang grizzly

Beruang grizzly memiliki tinggi sekitar 1,5 m. Mereka bisa lebih tinggi saat berdiri dan tingginya dapat mencapai sekitar 2,7 m. 

Hewan besar ini umumnya memiliki berat antara 200 hingga 400 kg. Namun, beruang terbesar yang pernah ada memiliki berat lebih dari 1 ton. 

5. Rusa Alaska

Rusa Alaska bisa mencapai tinggi hingga 2,2 m bila diukur hingga ke bahu. Belum lagi, jika ditambahkan tinggi leher, kepala, dan tanduk.

Mereka dapat makan hingga 31 kg makanan setiap hari dan beratnya mencapai 700 kg. Namun, meski ukurannya besar, rusa Alaska adalah vegetarian dan hanya memakan lumut, buah pinus, tanaman air, dan semak-semak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com