Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Gejala Kanker Jantung?

Kompas.com - 26/06/2023, 12:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jantung adalah organ yang luar biasa, tetapi tidak dilengkapi dengan kekuatan super anti-kanker.

Kendati jarang terdengar kasus kanker pada jantung, namun seseorang tetap berpotensi mengembangkan kanker jantung atau yang disebut dengan tumor jantung primer.

Segelintir tokoh yang dilaporkan mengalami kasus tersebut antara lain Virgil Abloh, perancang busana terkenal di belakang merek Off-White.

Ia meninggal dunia pada tahun 2021 pada usia 41 tahun karena angiosarcoma jantung, suatu bentuk kanker langka yang memengaruhi pembuluh darah jantung.

Selain itu, Eric Carr yang merupakan drummer band rock Kiss, meninggal karena kanker jantung pada 1991 di usia 41 tahun.

Dikutip dari IFL Science, Sabtu (24/6/2023) kanker jantung atau tumor jantung primer memang sangat jarang terjadi namun saat seseorang didiagnosis masuk dalam kategori ganas, itu artinya akan sangat agresif.

Baca juga: Apa Saja Gejala Rabies pada Anjing?

Dr Tochukwu Okwuosa, ahli jantung dan direktur kardio-onkologi di Rush University Medical Center di Chicago mengatakan tidak seorang pun ingin diberitahu tumor di jantung mereka adalah kanker ganas.

Pasalnya, kemungkinan untuk menyembuhkannya sangat rendah dan kemungkinan kematiannya sangat tinggi, bahkan dengan kemoterapi.

Gejala kanker jantung

Kelangkaan kanker jantung rupanya juga menyebabkan tidak ada data definitif yang nyata tentang penyakit ini, sehingga menyulitkan dokter untuk menanganinya.

Misalnya, tidak jelas apakah pilihan gaya hidup atau kondisi kesehatan tertentu dapat meningkatkan risiko kanker jantung. Bahkan tidak pasti bagaimana dan mengapa tumor jantung muncul serta cara terbaik untuk mengobatinya.

Baca juga: Apa Saja Gejala Long Covid yang Kini Disederhanakan Jadi 12?

 

"Kami tidak tahu apa faktor risikonya," ungkap Dr Okwuosa.

Itu termasuk gejala kanker jantung yang sulit untuk ditentukan.

Beberapa tumor tidak menimbulkan gejala sementara sebagian besar lainnya hanya menyebabkan gejala nonspesifik, seperti kelelahan, sesak napas, pusing, nyeri dada, dan jantung berdebat.

Okwuosa pun menyebut jika merasa kurang sehat dan memperhatikan salah satu dari gejala di atas, kecil kemungkinannya itu adalah tumor jantung.

Akan tetapi ada baiknya memeriksakannya ke profesional.

"Saya selalu ingin menekankan untuk periksa jika tidak enak badan. Terkadang orang merasa tidak enak badan dan mengabaikannya dan itu bisa terlambat. Jik merasa tidak yakin, maka perlu periksa untuk mengevaluasi kondisi tubuh," paparnya.

Baca juga: Apa Saja Gejala jika Terpapar Etilen Oksida?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com