Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Obat Xylazine Bisa Membuat Kulit Membusuk Seperti Zombi?

Kompas.com - 01/06/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber BBC,Mirror

KOMPAS.com - Xylazine adalah jenis obat yang hanya legal untuk digunakan pada hewan, namun di Amerika Serikat obat ini banyak disalahgunakan.

Selain dapat menyebabkan overdosis, salah satu efek buruk obat xylazine pada manusia adalah memperparah luka, bahkan dapat menyebabkannya menjadi seperti kulit zombi.

Xylazine dikenal juga sebagai obat tranq, tranq dope, bahkan populer juga disebut obat zombi, karena efek mengerikan pada kulit. Luka pada kulit yang parah, tak jarang yang membusuk, sehingga tampak seperti kulit zombi.

Lantas, bagaimana obat xylazine bisa membuat kulit membusuk dan mengubah penggunanya menjadi zombi?

 

Kengerian ini pun semakin memberikan suasana horor di jalanan kota Philadelphia, di mana banyak orang yang kecanduan obat xylazine tersebut.

Dilansir dari Mirror, Rabu (31/5/2023), luka yang tak kunjung sembuh pada mereka yang mengonsumsi xylazine, seringkali harus kehilangan anggota tubuh karena harus diamputasi.

Obat zombi xylazine atau obat tranq yang menyebabkan kulit membusuk umumnya dikonsumsi dengan cara dicampur fentanyl, heroin, kokain maupun obat-obatan terlarang lainnya. 

Baca juga: Apakah Efek Obat Zombi Xylazine pada Tubuh Manusia?

Penyebab kulit zombi karena xylazine

Sementara itu, seperti dikutip dari BBC, tranq dope atau obat zombi yang disuntikkan langsung ke aliran darah seseorang, dapat menyebabkan terbentuknya bisul di lokasi bekas suntikan.

Efek suntikan obat tranq dapat menurunkan pernapasan dan detak jantung ke tingkat yang sangat rendah. Ini lah yang juga membuat xylazine dijuluki sebagai 'obat zombi pemakan daging'.

Suntikan obat xylazine ini dapat menyebabkan terbentuknya luka terbuka pada kulit, yang pada akhirnya akan membusuk dan sulit disembuhkan, yang bisa membuat orang harus melalui prosesdur amputasi, akibat infeksi serius yang menyebabkan gangren.

Dikutip dari Mirror, gangren adalah kondisi serius di mana hilangnya suplai darah yang menyebabkan jaringan tubuh mati dan biasanya dimulai di jari kaki, kaki, jari tangan dan tangan.

Xylazine muncul di pasar obat terlarang di Puerto Rico pada awal tahun 2000-an. Sejak itu ditemukan di AS, terutama di timur, dan di Kanada, yang mana kini menjadi ancaman serius karena menyebabkan kasus overdosis parah di seluruh negeri.

Baca juga: Apa Itu Xylazine Tranq yang Disebut Obat Zombi di Philadelphia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com