Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Anjing Kecil Lebih Panjang Umur Dibandingkan Anjing Besar?

Kompas.com - 11/05/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Di kerajaan hewan, aturan umumnya adalah semakin besar ukuran tubuh, semakin panjang umurnya. 

Gajah dan paus adalah beberapa hewan yang paling lama hidup dan masing-masing merupakan organisme terbesar di darat dan di lautan. 

Sebaliknya, tikus dan hewan pengerat lainnya cenderung mengalami rentang hidup yang jauh lebih pendek.

Namun, satu contoh yang aneh adalah perbedaan umur di antara ras anjing dengan ukuran berbeda. Diketahui bahwa anjing besar tidak hidup selama anjing yang lebih kecil. 

Baca juga: Apakah Kucing dan Anjing Bisa Alergi terhadap Manusia?

Misalnya, dilansir dari Discover Magazine, anjing mastiff, yang beratnya mencapai 140 kg hidup selama 6 hingga 10 tahun, sedangkan chihuahua, yang beratnya tidak pernah lebih dari 2,7 kg, hidup selama 14 hingga 16 tahun.

Pengaruh ukuran tubuh

Meskipun mamalia besar cenderung hidup paling lama, ukuran tubuh yang kecil dalam suatu spesies dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dan penuaan yang lebih lambat. 

Canis familiaris atau anjing peliharaan adalah spesies dengan kisaran ukuran yang sangat besar jika menyangkut rasnya.

Melansir American Kennel Club (AKC), Cornelia Kraus, seorang ahli biologi evolusi di Universitas Göttingen, Jerman, adalah peneliti utama dari studi besar terhadap 74 ras anjing dan lebih dari 56.000 ekor. 

Kraus melaporkan, anjing besar menua dengan kecepatan yang dipercepat dan "kehidupan mereka tampak santai dalam gerakan yang cepat".

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Bermain dengan Tongkat?

Dalam penelitian tersebut, ras anjing besar mati lebih sering karena kanker daripada anjing kecil.

Mengapa demikian? Salah satu kemungkinan yang dikatakan Kraus adalah ras besar tumbuh lebih cepat, jadi mereka lebih mungkin mengalami pertumbuhan sel abnormal yang terlihat pada kanker daripada anjing kecil. 

Selain itu, karena mereka menua lebih cepat, anjing besar mungkin lebih cepat menyerah pada penyakit yang berkaitan dengan usia.

Seorang peneliti di University of Washington, Dr. Silvan Urfer, melakukan penelitian besar dengan mengumpulkan data pada 169.000 ekor anjing yang mati atau dieutanasia dalam jangka waktu tiga tahun di klinik hewan Amerika Serikat. 

Dia menemukan korelasi antara ras anjing dan usia mereka saat mati. Misalnya, di antara ras raksasa, Great Pyrenees hidup lebih lama (11,55 tahun) daripada Great Danes (9,63 tahun).

Baca juga: Mengapa Anjing Suka Memiringkan Kepalanya?

Dalam penelitian Dr. Urfer, anjing kecil memiliki umur rata-rata lebih lama yaitu 14,95 tahun, anjing ukuran sedang hidup rata-rata 13,86 tahun, dan anjing besar hidup 13,38 tahun. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com