Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 12:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Hidung sering terasa gatal, mungkin dialami oleh beberapa orang. Namun, jika sesekali hidung gatal terjadi itu adalah hal yang wajar.

Akan tetapi, bagaimana jika hidung gatal tak kunjung hilang dan apakah penyebabnya?

Penyebab hidung gatal

Menurut Abbas Anwar, MD, ahli THT di Pasific Neuroscience Institute di Los Angeles, rasa geli singkat di hidung biasanya menandakan bersin yang akan datang.

Sebaliknya, rasa gatal yang berkepanjangan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya sebagai berikut, dikutip dari Live Strong, Selasa (9/5/2023).

Pada orang dengan alergen, hidung gatal berarti Anda telah terpapar alergen musiman atau lingkungan seperti serbuk sari, rumput, dan tungau debu yang menyebabkan sistem kekebalan melepaskan histamin kimiawi. Hal tersebut kemudian memicu sensasi gatal di seluruh tubuh.

Baca juga: Mengapa Batuk karena Pilek Bisa Sangat Lama Sembuh?

Histamin dapat membuat mata, hidung, dan tenggorokan gatal, serta menyebabkan gejala lain seperti hidung tersumbat, bersin, dan mata merah merah atau berair. Tak hanya menjadi penyebab hidung terasa gatal, alergi terkadang juga bisa membuat sakit kepala.

Flu, Covid-19, atau infeksi sinus dapat membuat hidung atau tenggorakan gatal.

"Infeksi saluran pernapasan atas cenderung juga menyebabkan pelepasan histamin yang sama sebagai bagian dari respon kekebalan tubuh," terang Peter Ashman, MD, seorang otolaryngologist di New York City.

  • Bereaksi terhadap iritasi

Bagi sebagian orang, terutama yang alergi, menghirup asap, bahan kimia (seperti dari produk pembersih atau polutan) atau bau yang menyengat (seperti dari pengharum ruangan, parfum, atau bahkan lilin beraroma) dapat menjadi penyebab hidung gatal.

Baca juga: Mengapa Hidung Anjing Dingin dan Basah?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com