Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kita Membuka Mulut Saat Menggunakan Maskara?

Kompas.com - 20/03/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menggunakan riasan mata seperti eyeshadow, maskara, dan eyeliner, bagi sebagian orang, dapat menambah rasa percaya diri.

Namun, ada fakta unik tentang hal ini, yakni banyak orang yang secara tidak sadar selalu membuka mulut saat menggunakan maskara. 

Lantas, mengapa demikian? Adakah penjelasan ilmiah mengenai hal ini?

Penyebab mulut terbuka saat menggunakan maskara

Melansir PopSugar, Blanca Cobb, seorang ahli bahasa tubuh, mengatakan bahwa Fenomena mulut terbuka adalah tindakan bawah sadar.

Cobb mengatakan, saat kita memakai maskara, kita berusaha menjaga mata kita tetap terbuka dan diam. 

Baca juga: Kenapa Manusia Memiliki Rambut Kemaluan?

Terdapat dua saraf berbeda yang mengontrol otot yang membuka dan menutup mulut serta kelopak mata bagian atas dan saraf itu terletak berdekatan di tubuh kita. Teori utama mengapa mulut kita terbuka saat mengaplikasikan maskara adalah karena saraf-saraf tersebut saling bersinggungan.

Dua saraf yang mengendalikan gerakan bola mata dan kelopak mata kita berakar di bagian otak yang sangat mirip dengan saraf lain yang mengontrol pembukaan dan penutupan rahang. 

Jadi, dikutip dari BBC Science Focus Magazine, mungkin saja ketika dua saraf yang bertanggung jawab atas gerakan mata diaktifkan, mereka memicu saraf pembuka mulut di dekatnya.

Baca juga: Kenapa Orang Suka Mendengarkan Lagu Sedih?

Dengan demikian, teori menunjukkan bahwa kebiasaan membuka mulut saat menggunakan maskara adalah hasil dari saraf di otak yang saling menembak. 

Sementara itu, penjelasan yang lebih sederhana adalah bahwa kita terbiasa membuka mulut meregangkan kulit wajah sehingga membantu merias wajah menjadi lebih mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com