Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Manusia Tidak Berhibernasi Seperti Hewan?

Kompas.com - 15/02/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hibernasi adalah cara yang dilakukan berbagai hewan untuk bertahan hidup di musim dingin tanpa harus mencari makanan atau bermigrasi ke tempat yang lebih hangat.

Hewan yang hidup di iklim panas juga mengalami suatu bentuk hibernasi yang disebut aestivasi. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti hibernasi dan memungkinkan mereka bertahan dari panas ekstrem, kekeringan, atau kekurangan makanan.

Dilansir dari Discover Wildlife, hibernasi jauh lebih mendalam daripada sekadar tidur. Bergantung pada spesiesnya, hibernasi dapat berupa ketidaksadaran yang lama dan dalam hingga ketidakaktifan yang ringan.

Saat berhibernasi, hewan yang tidak aktif itu lebih rentan terhadap pemangsa dan iklim yang tidak dapat diprediksi.

Baca juga: Kenapa Manusia Bisa Merasa Bosan?

Kenapa manusia tidak bisa hibernasi?

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, ada dua penyebab manusia tidak melakukan hibernasi. Pertama, nenek moyang evolusioner manusia hidup di wilayah tropis yang tidak memiliki riwayat hibernasi. Manusia hanya bermigrasi ke garis lintang sedang dan sub-arktik dalam sekitar 100.000 tahun terakhir. 

Jangka waktu tersebut tidak cukup lama untuk mengembangkan semua adaptasi metabolik yang kita perlukan untuk bisa hibernasi. 

Alasan kedua, manusia menemukan api, pakaian, tempat berlindung, berburu, dan pertanian, yang semuanya merupakan cara yang jauh lebih efektif untuk bertahan saat musim dingin. 

Apakah manusia bisa hibernasi?

Dilansir dari Healthline, tidak ada banyak bukti yang mengatakan bahwa manusia bisa melakukan hibernasi dalam bentuk apa pun.

Baca juga: Kenapa Manusia Suka Makanan Pedas?

Sebuah cerita British Medical Journal dari tahun 1900 diklaim menunjukkan bentuk hibernasi manusia di Pskov, Rusia, yang disebut tidur musim dingin atau "lotska". 

Tetapi, peneliti mengatakan, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa lotska lebih dari sebuah cerita. Cerita tersebut mengisahkan petani Rusia yang menghabiskan setengah tahun untuk tidur untuk menghindari kelaparan kronis.

Penulis yang tidak dikenal mengatakan bahwa anggota keluarga petani tersebut bergiliran menjaga api sementara anggota lainnya tidur. Mereka bangun sekali sehari untuk makan sepotong roti, kembali tidur, dan bangun beberapa bulan kemudian saat cuaca menghangat.

Sandy Martin, ahli hibernasi dan profesor emerita di University of Colorado, mengatakan bahwa ja belum melihat bukti yang meyakinkan tentang hibernasi manusia atau tidur musim dingin Pskov.

Martin mengatakan, ia akan senang melihat studi fisiologis dari aktivitas ini karena mungkin penting untuk mereproduksi hibernasi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com