Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Capybara atau kapibara merupakan hewan pengerat semi-akuatik terbesar di dunia. Salah satu keunikan yang dikenal dari hewan ini adalah wajah lucu yang sering dijadikan meme di berbagai sosial media.

Kapibara adalah hewan pengerat terbesar di dunia yang habitat aslinya di daerah-daerah genangan air seperti di Amerika Tengah dan Selatan.

Dilansir dari AZ Animals, Jumat (17/3/2023), kapibara memiliki bobot mencapai 75 Kilogram dengan panjang hingga hampir 1,4 meter. Tak heran jika hewan tersebut dijuluki pengerat terbesar di Bumi.

Kendati memiliki ukuran tubuh yang sangat besar, namun capybara merupakan hewan yang dapat beradaptasi dengan baik untuk hidup di air.

Baca juga: Apa Itu Hewan Herbivora?

Anatomi unik hewan kapibara

Menariknya, capybara atau kapibara juga dikenali memiliki ciri tubuh yang dapat membantunya hidup seperti amfibi.

Ciri unik anatomi tubuh capybara, seperti kulit berselaput yang berada di antara jari kaki, yang sangat membantu kapibara saat berenang.

Seperti dikutip dari Britannica, secara umum karakteristik capybara adalah bulunya yang pendek berwarna cokelat dengan moncong pada wajah yang tumpul.

Selain itu, bentuk kaki kapibara ini cukup pendek, telinga kecil dan hampir tidak berekor seperti kebanyakan hewan pengerat lainnya.

Baca juga: Apa Itu Hewan Karnivora?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com