Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/02/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari kita kerap mengalami mabuk kendaraan, mabuk laut, atau mabuk udara saat melakukan perjalanan, terutama jarak jauh. 

Kondisi tersebut menyebabkan gejala seperti pusing, keringat dingin, mual, dan muntah. Umumnya, anak-anak banyak mengalami mabuk perjalanan, namun ini bisa dialami oleh siapa saja.

Penyebab mabuk perjalanan

Dilansir dari Cleveland Clinic, otak menerima sinyal dari bagian penginderaan gerak tubuh kita, yakni mata, telinga bagian dalam, otot, dan persendian.

Saat bagian-bagian ini mengirim informasi yang bertentangan, otak menjadi bingung dan tidak tahu apakah tubuh harus diam atau bergerak. Reaksi bingung otak ini yang membuat kita merasa mual selama perjalanan.

Baca juga: Penyebab Manusia Jatuh Cinta Menurut Sains

Misalnya, saat mengendarai mobil, mata melihat pepohonan yang lewat dan mencatat gerakan, telinga bagian dalam merasakan gerakan, sementara otot dan persendian merasakan bahwa tubuh sedang duduk diam. Otak pun akhirna merasakan keterputusan di antara pesan-pesan ini.

Selain berkendara, hal lain yang dapat memicu mabuk adalah wahana taman hiburan, pengalaman realitas virtual, membaca sambil bergerak, dan sebagainya

Gejala mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan dapat menyerang dengan cepat dan membuat kita berkeringat dingin dan merasa ingin muntah. Dilansir dari WebMD, berikut adalah gejala umum mabuk perjalanan:

  • Pusing
  • Peningkatan produksi air liur
  • Kehilangan selera makan
  • Kulit pucat
  • Selain itu, beberapa orang mengalami sakit kepala, merasa sangat lelah, atau sesak napas.

Cara mengatasi mabuk perjalanan 

Bagi kebanyakan orang, gejala mabuk perjalanan biasanya tidak berlangsung lama. Gejalanya mungkin menghilang setelah kita terbiasa dengan situasinya, apakah itu goyangan perahu atau pergerakan kereta api.

Baca juga: Apa Penyebab Alergi Udang?

Tetapi, ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan jika mabuk perjalanan, yakni:

  • Santai. Temukan sesuatu untuk fokus, apakah itu menarik napas dalam-dalam atau menghitung mundur dari 100. 
  • Lihatlah objek yang stabil. Jika kita berada di atas kapal, coba lihatlah langit. Jika berada di dalam mobil, coba lihat melalui kaca depan.
  • Makan ringan sebelum bepergian.
  • Hirup udara segar dan jangan merokok.
  • Hindari membaca.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com