Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil pada Bayinya

Kompas.com - 10/02/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan memberikan bukti nyata perlindungan dari infeksi virus corona yang sejak tahun 2020 menjadi pandemi global.

Berbagai studi menunjukkan manfaat vaksinasi Covid-19 pada seluruh populasi di dunia, tak terkecuali pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Dilansir dari Medical Xpress, Kamis (9/2/2023), para ahli menemukan, vaksinasi Covid di masa kehamilan memberikan perlindungan terhadap bayi baru lahir dari infeksi dan selama perawatan di rumah sakit.

Dua dosis vaksin mRNA untuk Covid-19 yang diberikan kepada ibu hamil ternyata sangat efektif melawan infeksi Covid varian delta dan Omicron.

Bahkan menurut studi yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ), manfaat vaksinasi Covid-19 tersebut mencegah risiko masuk rumah sakit pada bayi di bawah usia 6 bulan.

Baca juga: Ini Manfaat Penting Menjaga Kesehatan Gigi Selama Pandemi Covid-19

Perlindungan terhadap infeksi Omicron paling besar saat ibu yang hamil menerima dosis vaksin Covid kedua pada tahap akhir kehamilan, serta perlindungan paling besar juga untuk bayi dalam 8 minggu pertama kehidupannya.

Ibu hamil yang menerima dosis ketiga atau vaksin booster juga semakin memiliki perlindungan yang tinggi terhadap infeksi Omicron.

Kendati kasus Covid-19 pada bayi, sebagian besar adalah sakit ringan, namun tingkat rawat inap dan penyakit parah pada bayi lebih tinggi dibandingan pada anak yang lebih besar, terutama selama bulan pertama kehidupan atau saat infeksi diperumit oleh kondisi lain.

Hingga saat ini, vaksin Covid belum diizinkan untuk digunakan pada bayi di bawa usia 6 bulan, tetapi bukti yang muncul menunjukkan bahwa vaksiansi selama kehamilan dapat mengurangi risiko infeksi dan masuk rumah sakit pada bayi.

Hal ini karena bayi selama di dalam kandungan ibunya, menerima transfer antibodi dari ibu yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 selama kehamilan. Manfaat antibodi Covid ini ditransfer ke janin melalui plasenta dan ASI (air susu ibu).

Baca juga: Ini Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan Menurut Sains

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com