Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Komet Hijau ZTF yang Melintas Dekat Bumi Awal Februari Ini

Kompas.com - 01/02/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Awal bulan Februari ini, komet langka akan melintas dekat Bumi, dan penampakannya bisa disaksikan di Indonesia tanpa menggunakan alat bantu optik.

Komet ini adalah komet hijau bernama C/2022 E3 (ZTF). Komet hijau ZTF tersebut pertama kali diamati pada 10 Juli 2021.

Menurut peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, dikutip dari halaman Edukasi Sains BRIN, Selasa (31/1/2023), ZTF berasal dari singkatan Zwicky Transient Facility.

Merupakan nama dari sebuah fasilitas pengamatan astronomis dengan medan pandang yang lebar, yang menggunakan kamera yang terhubung dengan teleskop Samuel Oschin di Observatorium Palomar, California, Amerika Serikat.

Baca juga: Mengenal Komet Leonard yang akan Melintas Dekat Bumi Hari Ini

Andi mengatakan bahwa komet ZTF tersebut hanya melintasi satu kali dalam seumur hidup, dikarenakan orbitnya yang berbentuk hiperbola.

Orbit hiperbola komet ini memiliki nilai kelonjongan atau eksentrisitas lebih besar dari satu, sehingga membentuk kurva terbuka di kedua titik fokusnya.

Mengenal lebih dekat dengan komet C/2022 E3 (ZTF), dikutip dari Space, komet hijau ini akan berada paling dekat dengan Bumi pada 1 Februari, atau hari ini, Rabu.

Selama ini, komet hijau tersebut belum begitu dekat dengan Bumi selama 50.000 tahun sejak zaman es terakhir dan sebelum kepunahan manusia Neanderthal.

Baca juga: Komet Terbesar yang Pernah Ditemukan Ungkap Bahan Pembentuk Komet

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com