Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Buah rambutan memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembut. Daging buah rambutan yang berwarna bening mengandung banyak air sehingga terasa menyegarkan saat dimakan.

Rambutan sangat bergizi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan, kesehatan pencernaan yang lebih baik, hingga peningkatan daya tahan terhadap infeksi.

Manfaat buah rambutan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah daftar manfaat rambutan untuk kesehatan.

1. Menyehatkan pencernaan 

Rambutan dapat menyebar pencernaan karena kandungan seratnya. Sekitar setengah dari serat dalam buah rambutan termasuk serat tidak larut, yang melewati usus tanpa tercerna.

Baca juga: Manfaat Buah Peach untuk Kesehatan Pencernaan

Serat tidak larut menambah jumlah kotoran dan membantu mempercepat transit usus sehingga mengurangi kemungkinan sembelit.

Setengah lainnya dalam buah rambutan dari serat larut. Serat larut menyediakan makanan untuk bakteri baik di usus. 

Pada gilirannya, bakteri ramah ini menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat, yang memberi makan sel-sel usus.

Asam lemak rantai pendek ini juga dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus, termasuk sindrom iritasi usus besar, penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa.

2. Membantu menurunkan berat badan

Sama seperti buah-buahan lainnya, rambutan dapat mencegah penambahan berat badan dan meningkatkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Dengan sekitar 75 kalori dan 1,3–2 gram serat per 3,5 100 gram rambutan, kalori dalam buah ini relatif rendah untuk jumlah serat yang disediakannya.

Kalori yang rendah dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga mengurangi kemungkinan kita makan berlebihan dan meningkatkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Selain itu, serat larut dalam rambutan dapat larut dalam air dan membentuk zat seperti gel di usus yang membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Serat larut ini juga dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan perasaan kenyang yang lebih lama. 

3. Membantu tubuh melawan infeksi 

Buah rambutan dapat berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dalam beberapa cara. Salah satunya, buah rambutan kaya akan vitamin C, yang dapat mendorong produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Menurut Sains

Asupan vitamin C yang terlalu sedikit dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat kita lebih rentan terhadap infeksi.

Terlebih lagi, kulit rambutan telah digunakan selama berabad-abad untuk melawan infeksi. Studi tabung reaksi menunjukkan, kulit rambutan mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh dari virus dan infeksi bakteri. Meski demikian, umumnya, kulit rambutan dianggap tidak bisa dimakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com