Lumba-lumba Bisa Menderita Alzheimer, Studi Ungkap

Kompas.com - 21/12/2022, 16:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa ternyata lumba-lumba dapat menderita beberapa penyakit otak yang sama dengan manusia, salah satunya penyakit Alzheimer.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Skotlandia mengatakan, mereka telah menemukan bukti pada otak tiga spesies lumba-lumba yang dapat mengembangkan penanda klasik penyakit Alzheimer.

Temuan dari studi ini pun dapat membantu menjelaskan mengapa lumba-lumba sering terdampar di darat.

Namun demikian, tentunya penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan apakah mereka benar-benar mengalami penyakit seperti Alzheimer.

Dilansir dari Gizmodo, Rabu (21/12/2022) penyakit Alzheimer adalah jenis demensia yang paling umum dan ditandai dengan perubahan besar yang merusak di otak.

Secara khusus, orang dengan penyakit Alzheimer ini memiliki penumpukan dua protein yang tak berbentuk dan biasanya ditemukan dalam tubuh, disebut amiloid beta dan tau. Gumpalan itulah yang dianggap sebagai kekuatan pendorong di balik kerusakan otak.