Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Makan Kue Ulang Tahun, dari Mana Asalnya?

Kompas.com - 21/12/2022, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Setiap kita merayakan ulang tahun, selalu identik dengan tradisi tiup lilin dan makan kue tart. Akan tetapi, bagaimana sebenarnya sejarah tradisi ulang tahun ini berasal?

Praktik memakan kue ulang tahun dan meniup lilin, sudah menjadi tradisi yang dilakukan banyak orang di seluruh dunia. Tradisi ini sudah menjadi ritual yang selalu dilakukan pada hari ulang tahun.

Namun, pernahkah kita berpikir, sebenarnya sejak kapan tradisi ulang tahun dengan makan kue dan tiup lilin ini dimulai, dan dari mana tradisi ini pertama kali dimulai.

Seperti dikutip dari Science ABC, Rabu (21/12/2022), sejarah ulang tahun dengan tradisi makan kue ini berasal dari berbagai pendapat.

Sejarah kue ulang tahun di Yunani dan Mesir Kuno

Di masa lalu, orang Yunani selalu mengadakan perayaan atas nama Artemis, salah satu dewi Yunani yang merupakan dewi bulan, simbol kesucian dan perburuan.

Saat merayakannya, orang-orang Yunani ini akan membuat kue berbentuk bulat dan menyalakan lilin di atasnya yang melambangkan bulan.

Baca juga: Sejarah Penemuan Lie Detector, Pendeteksi Kebohongan dari Mengunyah Nasi hingga Memindai Otak

Kue yang dibentuk bulat dianggap mewakili bentuk bulan purnama, sedangkan lilin melambangkan cahaya dari bulan yang menyinari Bumi di malam hari.

Kebiasaan orang Yunani melakukan ritual tersebut, diyakini berasal dari orang-orang Mesir. Orang Mesir melakukan tradisi dengan membuat kue untuk upacara penobatan firaun.

Bagi orang Mesir kuno, penobatan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan seorang firaun yang bagi budaya mereka dianggap sebagai dewa. Oleh karenanya, tradisi penobatan firaun pasti dirayakan secara luas.

Orang Yunani kemudian 'meminjam' gagasan tentang perayaan besar untuk menghormati seseorang atau dewa.

Sejarah ulang tahun dari festival anak di Jerman

Sejarah perayaan ulang tahun juga diyakini sebagai bentuk festival anak-anak atau kinderfest.

Ada beberapa spekulasi yang menunjukkan bahwa sebelum munculnya 'pesta ulang tahun', orang Romawi biasa membuat kue untuk merayakan ulang tahun seseorang yang lebih tinggi di masyarakat.

Baca juga: Sejarah Penemuan Sandi Morse, Siapa Penemunya?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com