Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Bisa Berkomunikasi dengan Kucing dengan Cara Ini

Kompas.com - 26/11/2022, 19:31 WIB
Nadia Faradiba,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa Anda bisa berkomunikasi dengan kucing? Manusia dapat berkomunikasi dengan kucing dengan cara yang sudah teruji melalui sebuah penelitian di Inggris.

Kita semua tahu bahwa kucing sering kali abai atau tidak peduli dengan panggilan atau omongan yang kita ucapkan. Bukannya kucing sombong, bisa jadi karena kucing berkomunikasi dengan cara yang berbeda.

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (26/11/2022), cara berkomunikasi dengan kucing yang sudah teruji adalah dengan memicingkan mata dan berkedip dengan pelan.

Cara ini sering dilakukan oleh kucing dan diyakini setara dengan cara manusia tersenyum. Hal ini diketahui dari sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2020.

Dengan cara tersebut sebenarnya sudah banyak diduga oleh para pemelihara kucing. Namun, sebelumnya tidak ada bukti secara ilmiah yang mendukung pendapat ini.

Karen McComb, seorang psikolog dari University of Sussex yang terlibat pada studi ini, mengatakan bahwa sangat menyenangkan pada akhirnya bisa menemukan bukti ilmiah yang mendukung ide tersebut.

Baca juga: Kucing Tertua di Dunia Ini Umurnya Setara 120 Tahun pada Manusia

Cara manusia berkomunikasi dengan kucing

Penelitian tentang komunikasi manusia dengan kucing tersebut melibatkan 21 ekor kucing dari 14 rumah yang berbeda.

Caranya adalah dengan menempatkan kucing di rumahnya, kemudian pemiliknya duduk dengan jarak satu meter dari kucing. Ketika kucing melihat mereka, maka mereka mencoba untuk memicingkan mata dan berkedip secara perlahan.

Kamera merekam ekspresi kucing dan manusia. Interaksi tersebut dibandingkan dengan cara kucing berkedip ketika tidak ada interaksi manusia.

Hasilnya, cara kucing berkedip ketika bersama manusia lebih pelan dibandingkan dengan kondisi tanpa interaksi.

Selain itu, peneliti juga mencoba cara berkomunikasi yang lain, yaitu mengulurkan tangan. Hasilnya, kucing akan merespons uluran tangan manusia dengan mendekati tangan manusia tersebut.

Kedua cara berkomunikasi dengan kucing ini membuat kucing lebih bisa menerima manusia dan tidak menganggap Anda sebagai ancaman. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara ini ketika Anda bertemu dengan kucing liar di jalan.

Selain studi tentang cara manusia berkomunikasi dengan kucing, para ilmuwan juga masih perlu meneliti lebih lanjut terkait apa arti dibalik berbagai tingkah laku kucing, terutama mengingat bagaimana kucing biasanya memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mendengkur? Ini Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com