Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinfeksi Covid Lagi, Apa Dampak yang Terjadi pada Tubuh?

Kompas.com - 14/09/2022, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 terus bermutasi sejak awal pandemi hingga saat ini. Tak sedikit orang yang terinfeksi Covid beberapa kali dan menyebabkan berbagai dampak bagi tubuh.

Menurut Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman, terinfeksi Covid untuk kesekian kalinya, bukan berarti memberikan kekebalan tubuh terhadap Covid-19 maupun infeksi dari varian virus tertentu.

Dicky mengatakan orang yang terinfeksi Covid, misalkan kurang dari sebulan lalu, maka masih berpotensi terinfeksi lagi. Jadi, kata dia, tidak ada kekebalan pasca-infeksi yang menetap dan kuat.

Oleh karenanya, reinfeksi Covid-19 atau infeksi ulang ini haruslah dipahami. Karena pandemi ini belum berakhir, sehingga penerapan hidup bersih dan protokol kesehatan masih harus dilakukan.

Dampak terinfeksi Covid lagi bisa pengaruhi imun

Lebih lanjut Dicky mengatakan infeksi kedua maupun ketiga yang dialami seorangg penyintas Covid-19 yang telah divaksinasi, umumnya akan jauh lebih ringan. Bahkan banyak yang mengalami asymptomatic atau orang tanpa gejala Covid-19.

Baca juga: Terinfeksi Covid Lagi Meski Sudah Vaksin Booster, Waspadai Dampaknya

Kendati demikian, dalam beberapa kasus infeksi ulang atau terinfeksi Covid lagi untuk kesekian kalinya, ada beberapa orang yang kemudian mengembangkan gejala berat.

Dicky menjelaskan beberapa laporan studi mengungkapkan, pada beberapa orang yang mengalami infeksi Covid-19 untuk ketiga kalinya, menunjukkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh atau imun.

Terinfeksi Covid lagi ternyata bisa memberikan dampak serius terhadap kesehatan seseorang. Melemahnya sistem kekebalan tubuh, terutama terjadi pada sel T, yang memiliki peranan penting dalam memberikan perlindungan tubuh terhadap patogen.

Dicky menyimpulkan tidak hanya karena terinfeksi Covid subvarian BA.4, BA.5 atau subvarian Omicron lainnya.

Dampak tubuh terinfeksi Covid lagi, varian apapun, tetap akan memberikan dampak kesehatan yang serius, yakni daya tahan tubuh akan menjadi lebih lemah, terutama mereka yang mengalami reinfeksi Covid-19 lebih dari dua kali.

Dicky mengingatkan bahwa saat terinfeksi Covid lagi, misal infeksi varian tertentu, efek yang bisa ditimbulkan tidak hanya berdasarkan karakteristik virus maupun mutasi yang dibawa varian virus yang menginfeksi.

Baca juga: Sudah Pernah Kena Covid-19 Bisa Terinfeksi Lagi, Apa Penyebabnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com