Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Berkaki Dua Ditemukan di Zimbabwe, Jadi yang Tertua di Afrika

Kompas.com - 06/09/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sisa-sisa spesies baru dinosaurus pemakan tumbuhan telah ditemukan di Zimbabwa utara. Dinosaurus herbivora yang ditemukan ini memiliki ciri berkaki dua.

Sisa-sisa itu merupakan bagian dari kumpulan besar fosil dari Trias Akhir yang dapat membantu kita memahami bagaimana iklim periode itu memengaruhi penyebaran dinosaurus awal.

Penemuan ini juga memiliki arti penting pasalnya fosil yang hampir lengkap ini juga merupakan fosil dinosaurus tertua yang ditemukan di Afrika saat ini.

Dikutip dari New Scientist, Selasa (6/9/2022) fosil dari Zimbabwe ini kemudian diidentifikasi sebagai spesies sauropodomorph, kerabat leluhur sauropoda yang merupakan dinosaurus besar berleher panjang yang berjalan dengan dengan empat kaki.

Dinosaurus lantas dinamakan Mbiresaurus raathi. Dinosaurus setinggi setidaknya satu meter ini berlari dengan dua kaki dengan berat sekitar 30 Kg.

Selain itu, spesies dinosaurus berkaki dua, M.raathi ini juga memiliki kepala kecil, leher panjang dan bergerigi, serta gigi yang berbentuk daun.

Baca juga: Ahli Temukan Dinosaurus Berwajah Bulldog di Gurun Sahara

Spesies dinosaurus berkaki dua dari Zimbabwe ini digali pada hari kedua ekspedisi ke Mbire di Lembah Zambezi pada tahun 2017.

Lalu Christopher Griffin dari Yale University menemukan tulang paha dinosaurus mencuat dari tanah. Ia kemudian menggali di sekitarnya dan menemukan tulang pinggul.

"Saya terus menggali bersama tim lain yang membantu dan kami menemukan hampir seluruh kerangkanya," kata Griffin.

Bebatuan tempat ditemukannya fosil telah ditafsirkan sebagai endapan sungai dan mungkin fosil terkubur dalam banjir skala kecil.

Berdasarkan keberadaan fosil dinosaurus lain dalam kumpulan tersebut, tim memperkirakan bahwa dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua, M.raathi ini, hidup pada sekitar 230 juta tahun lalu.

Baca juga: Dinosaurus Predator Ini Ditemukan di Argentina Disebut Megaraptor Terbesar di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com