Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 12:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Kuda nil (Hippopotamus amphibius) dikenal sebagai mamalia yang suka menghabiskan waktunya untuk berkubang di air, bahkan hewan ini bisa menghabiskan waktu hingga 16 jam dalam sehari untuk berendam. Namun, apa sebenarnya makanan kuda nil?

Kemampuan adaptif mereka di lingkungan air pun juga luar biasa. Kuda nil bisa menahan napas hingga 5 menit di bawah permukaan air.

Mengingat sebagian besar waktu yang bisa mereka habiskan di air, sebenarnya apa yang dimakan kuda nil dan apakah kuda nil makan ikan?

Mengutip Animalia Facts, Kamis (1/9/2022) kuda nil tak makan ikan. Makanan kuda nil di habitatnya sebagian besar terdiri dari rumput yang bisa mereka temukan di padang rumput dekat dasar air.

Baca juga: Kuda Nil Diusulkan Masuk Daftar Hewan Paling Terancam Punah di Dunia

Kuda Nil akan memilih memakan rumput hijau dengan pucuk kecil sebagai makanan mereka. Sebab, pucuk-pucuk rumput ini dapat mereka telan tanpa banyak usaha.

Mereka tak memakan rumput kasar yang memiliki akar yang kuat. Sementara itu di penangkaran, kuda nil bisa memakan jerami, sayuran serta buah-buahan.

Meski pada umumnya kuda nil memakan tanaman, tetapi bukan berarti mereka tak pernah makan daging atau ikan.

Dari beberapa pengamatan, meski diketahui bahwa makanan kuda nil adalah tumbuhan, namun pada dasarnya hewan ini bukan pemakan tumbuhan atau vegetarian murni sepanjang waktu.

Baca juga: Kuda Nil Semprotkan Kotoran saat Dengar Suara Asing Kuda Nil Lain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com