Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live Kompas.com, ASI 101: Lancar Menyusui agar Bayi Sehat

Kompas.com - 02/08/2022, 19:30 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - ASI atau air susu ibu adalah asupan nutrisi paling ideal untuk bayi. Hal ini dikarenakan ASI mengandung vitamin, protein, dan lemak yang hampir sempurna sesuai kebutuhan bayi untuk tumbuh dan berkembang.

Bukan hanya itu, ASI bahkan mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri.

Bayi yang mendapatkan ASI sepenuhnya selama enam bulan pertama, terbukti lebih sedikit mengalami penyakit pernapasan, serangan diare, hingga infeksi telinga.

Sayangnya, tak semua ibu bisa menyusui dengan mudah. Ada kalanya, ibu merasa kesulitan menyusui, karena merasa produksi ASI tak lancar.

Baca juga: 5 Cara Memperlancar ASI, Kosongkan Payudara hingga ASI Booster

Sebenarnya, apa yang harus dilakukan agar proses menyusui berjalan lancar dan menyenangkan?

Beragam persoalan ASI ini akan dijawab oleh dokter ahli gizi masyarakat, DR dr Tan Shot Yen, M.Hum dalam Halo Prof!

Dalam bincang-bincang yang akan ditayangkan di berbagai platform media sosial Kompas.com, Kamis, 4 Agustus 2022 pada pukul 12.00 WIB; Kompas.com dan DR dr Tan Shot Yen, M.Hum, akan menjelaskan mengenai pentingnya ASI eksklusif.

Kemudian, apa saja kandungan yang ada di dalam ASI, makanan atau minuman yang baik untuk memperlancar ASI, hingga mengetahui apakah ASI boleh disimpan di dalam lemari pendingin dan bagaimana cara menyimpannya.

Bagi Anda yang ingin ikut bertanya, dapat menuliskan pertanyaan di kolom komentar akun Instagram @kompascom atau bisa bertanya langsung saat acara Live Instagram Kompas.com yang bertajuk ASI 101: Lancar Menyusui agar Bayi Sehat pada Kamis, 4 Agustus, pukul 12.00 WIB di akun Instagram @kompascom, Facebook @kompascom dan YouTube resmi Kompas.com.

Baca juga: Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan, Ahli Gizi: Baik untuk Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com