Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2022, 21:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comLitosfer adalah lapisan paling luar Bumi, yang terdiri dari kerak bumi dan mantel bumi. Litosfer berasal dari bahasa Yunani lithos yang berarti batu dan sphaira yang berarti globe atau bola.

Lapisan ini memang padat dengan batuan, namun lapisan ini mudah patah. Pada lapisan inilah terjadinya gempa bumi tektonik yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi.

Jenis litosfer

Melansir Space, litosfer terbagi menjadi dua jenis, yaitu kerak benua dan kerak samudera.

a. Kerak benua

Kerak benua adalah lapisan yang mayoritas tersusun atas batu granit yang kaya akan silika dan aluminium. Kerak benua memiliki tebal hingga 300 kilometer. Lapisan ini jauh lebih tebal dari lapisan kedua, yaitu kerak samudera, karena lapisan ini menjulang dari dasar laut. Lapisan kerak benua tertua berusia milyaran juta tahun.

Para ahli meyakini bahwa kerak benua pada awalnya merupakan daratan yang tidak terpisahkan. Namun, akibat adanya aktivitas vulkanik dan pergerakan kerak samudera, maka daratan ini terpisah-pisah menjadi beberapa benua.

b. Kerak samudra

Kerak samudra lebih tipis dari kerak benua, namun jauh lebih padat. Kerak samudra memiliki ketebalan bervariasi antara 100 sampai 150 kilometer. Materi penyusun utamanya adalah silika dan magnesium.

Kerak samudra terus menebal dan bergerak menjauh dari Mid Ocean Ridge. Penebalan ini terjadi akibat pendinginan konduksi yang mengubah panas dari lapisan astenosfer (lapisan di bawah litosfer) menjadi penebalan mantel.

Walaupun lapisan kerak samudra terus bertambah, lapisan ini akan diubah kembali ke lapisan astenosfer di zona subduksi ketika terjadi gempa bumi. Inilah sebabnya kerak samudra memiliki umur yang lebih muda dibandingkan kerak benua. Kerak samudra yang paling tua berusia 170 juta tahun.

Baca juga: Jenis-jenis Batuan yang Menyusun Litosfer

Manfaat litosfer

Manfaat listosfer adalah menjadi tempat hidup bagi banyak makhluk hidup yang ada di Bumi. Litosfer menjadi tempat kehidupan bersama empat unsur lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Biosfer: makhluk hidup
  • Hidrosfer: lapisan air di permukaan Bumi
  • Kriosfer: lapisan es di permukaan Bumi
  • Atmosfer: lapisan udara di sekitar Bumi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com