Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frekuensi dan Intensitas Suara yang Bisa Didengar Manusia

Kompas.com - 18/06/2022, 12:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi -

KOMPAS.com - Lingkungan sehari-hari memiliki banyak jenis suara yang sering kamu dengar, seperti suara ayam yang berkokok, suara mesin cuci, suara kendaraan bermotor, atau suara orang sedang berbincang. Suara-suara ini termasuk ke dalam rentang suara yang dapat didengar oleh manusia. Tahukah kamu banyak juga suara yang tidak bisa didengar oleh manusia?

Rentang suara yang bisa didengar manusia

Telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi 20 sampai 20.000 Hz. Sedangkan menurut tingkat kekerasan suara, intensitas yang bisa didengar manusia adalah 0 sampai 140 dB.

Penting untuk menjaga telinga kita agar mendengar suara yang sesuai dengan rentang yang bisa kita dengar. Bertambahnya usia dan mendengar suara yang terlalu kencang, meningkatkan risiko hilangnya fungsi pendengaran.

Pada orang tua, pendengaran mulai hilang dari frekuensi yang lebih tinggi terlebih dahulu. Jika mendengar suara dengan intensitas lebih dari 85 dB, telinga manusia juga berisiko mengalami kerusakan permanen.

Sebagai gambaran frekuensi suara, suara manusia yang paling rendah adalah suara bass pria pada nada C2 dengan frekuensi 64 Hz. Sedangkan suara manusia paling tinggi adalah suara sopran wanita pada nada C7 dengan frekuensi sekitar 2.048 Hz.

Gambaran lainnya dari sisi intensitas dengan menggunakan satuan dB adalah suara ketika kita mengobrol rata-rata memiliki intensitas 60 dB. Sedangkan suara pada konser musik biasanya mencapai 105 dB, sirine ambulans 120 dB, dan kembang api 130 dB.

Apa perbedaan Hz dan dB?

Hz adalah singkatan dari Hertz yang merupakan satuan untuk frekuensi suara. Frekuensi suara adalah jumlah getaran suara yang terjadi setiap detiknya. Jika dibandingkan dengan suara manusia, frekuensi lebih menggambarkan tinggi dan rendahnya suara. Semakin tinggi frekuensi suara, maka frekuensinya juga semakin tinggi.

Selanjutnya dB adalah singkatan dari desibel. Desibel digunakan untuk menggambarkan intensitas atau kerasnya suara. Semakin tinggi desibelnya, maka suara tersebut semakin keras didengar.

Baca juga: Resonansi Suara dan 3 Jenis Tempat Memantulkan Bunyi

Suara yang tidak bisa didengar manusia

Terdapat dua macam suara yang tidak bisa didengar manusia, yaitu suara infrasonik dan ultrasonik. Suara infrasonik adalah suara yang lebih kecil dari 20 Hz. Suara ini hanya bis didengar oleh gajah dan tikus tanah.

Suara ultrasonik adalah suara yang jauh lebih kencang dari 20.000 Hz. Banyak hewan yang bisa mendengar suara ultrasonik. Kucing dan anjing bisa mendengar hingga 40.000 Hz. Selanjutnya adalah lumba-lumba dan kelelawar yang bisa mendengar suara dengan frekuensi hingga hampir 160.000 Hz.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com