Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Kucing Suka Menjilati Tubuhnya Sendiri

Kompas.com - Diperbarui 24/12/2022, 16:54 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat kucing yang sedang menjilati bagian tubuhnya sendiri? Tahukah Anda mengapa kucing melakukan hal tersebut?

Itu karena kucing adalah salah satu hewan yang bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilati bulu-bulunya. Meskipun tubuhnya tidak kotor, mereka tetap melakukan hal tersebut di sela-sela aktivitasnya.

Baca juga: Domestikasi Kucing Terjadi 12.000 Tahun Lalu, Studi Jelaskan

Bahkan, menurut dokter hewan sekaligus pemilik Just Cats Veterinary Services dr Cynthia McManis, seekor kucing dewasa bisa menghabiskan hingga 50 persen dari jam bangun mereka hanya untuk menjilat bulunya sendiri.

Kucing dewasa pun menjilati anak-anaknya yang baru lahir untuk membantu menjaga tubuhnya tetap bersih, melatih kucing membersihkan diri, maupun memicu agar anak kucing bisa buang air kecil dan buang air besar.

Sebenarnya, kenapa kucing menjilati tubuhnya sendiri? Menjawab pertanyaan tersebut, serba-serbi hewan kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai penyebabnya.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mendengkur? Ini Penyebabnya

Seperti dilansir dari Reader's Digest Canada, Selasa (4/5/2021) kucing menjilati tubuhnya sendiri dikarenakan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut.

1. Mendinginkan tubuhnya

Alasan kucing menjilati bulunya yang pertama adalah salah satu cara untuk mendinginkan diri dan menjaga suhu tubuh tetap normal.

Sebab, hewan ini lebih sedikit berkeringat di bagian kakinya dan menggunakan air liur yang menguap di bulu untuk menjaga suhu tubuh.

2. Melindungi diri dari ancaman predator

Kucing menjilati tubuhnya sendiri sebagai cara melindungi diri dari predator.

Secara alami, kucing menjilati tubuhnya untuk membersihkan makanan dan penyebab bau lain yang menempel di tubuh, sehingga tidak terdeteksi oleh hewan yang berpotensi mengancamnya.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Memijat? Berikut Penjelasannya

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com