Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Paus Terdampar di Pantai Salido Dipotong Warga, Bagaimana Evakuasi yang Benar?

Kompas.com - 31/05/2022, 19:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Seekor hiu paus yang terdampar di Pantai Kincie Salido harus dipotong-potong tubuhnya karena warga kesulitan untuk mengevakuasinya.

Sebelumnya diberitakan bahwa warga menemukan seekor hiu paus terdampar di Pantai Kincie Salido, Nagari atau Desa Salido, Kecamatan IV Juari, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Kondisi terdamparnya ikan hiu paus atau disebut juga hiu tutul itu direkam oleh masyarakat, dan diunggah di salah satu akun media sosial Instagram @kabarpesel.

Dalam video hiu paus terdampar di Pantai Kincie Salido yang berdurasi 30 detik yang diunggah pada Selasa (24/5/2022) itu menginformasikan bahwa hiu paus tersebut terdampar karena terbawa oleh pukat nelayan setempat.

"Hiu Paus ditemukan masyarakat yang sebelumnya diberitakan terdampar di Pantai Belakang Puskesmas Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, pada hari Selasa (24/4/22) sekitar pukul 09.30 WIB, dikarenakan terbawa oleh pukat nelayan setempat," tulis akun @kabarpessel tersebut.

Wali Nagari Salido, Evilindo membenarkan kejadian terdamparnya satwa liar tersebut.

Baca juga: Hiu Paus Makin Terancam Diduga akibat Aktivitas Pelayaran, Studi Jelaskan

Evilindo menuturkan, hiu paus yang terdampar di Pantai Salido itu memiliki panjang kira-kira sekitar 6 meter.

“Awalnya ,asih bergerak, kemudian ditolong warga dibawa ke tengah laut lagi, tapi hiu itu kembali terdampar,” kata Evilindo dalam pemberitaan Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Diceritakan Evilindo, selang tak berapa lama, hiu paus itupun kemudian mati, dan warga setempat akhirnya memotong badan ikan besar tersebut, lalu menguburnya di lokasi pantai itu juga.

Belajar dari kasus hiu paus terdampar ini, bagaimana sebenarnya melakukan evakuasi terhadap mamalia laut besar ini dan bolehkah memotong tubuhnya untuk dikuburkan?

Cara evakuasi hiu paus terdampar

Peneliti hiu dan pari dari Pusat Penelitian Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fahmi mengatakan, sebenarnya terkait evakuasi hiu tutul atau hiu paus yang terdampar di Pantai Kincie Salido ini tidak jauh berbeda dengan berbagai jenis mamalia lainnya.

Baca juga: Hiu Paus Ternyata Jauh Lebih Besar dan Bisa Hidup Sampai 130 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com