Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Baru, Hiu Paus Sembuhkan Luka dan Tumbuhkan Siripnya Lagi Usai Cedera

Kompas.com - 13/03/2021, 13:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Sebuah studi baru berhasil mengungkap jika hiu paus mampu sembuhkan luka dan cedera yang dialaminya dalam waktu yang relatif cepat. Temuan lainnya termasuk kemampuan satwa laut ini menumbuhkan sebagian sirip punggung mereka kembali.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Conservation Physiology ini menyebut jika intensitas hiu paus mengalami tabrakan dengan perahu, saat ini makin meningkat seiring bertambahnya lalu lintas kapal.

Akibatnya, hiu dengan ukuran tubuh yang dapat mencapai hingga 18 meter itu pun seringkali mengalami luka robekan maupun lecet.

Kendati demikian, selama ini tak banyak yang mengetahui dampak dari cedera tersebut dan bagaimana mereka dapat pulih dari luka tersebut.

"Temuan dasar tersebut memberi kami pemahaman awal tentang penyembuhan luka pada spesies (hiu paus) ini," ungkap Freya Womersley, penulis utama studi dan juga mahasiswa PhD dari University of Southampton yang berbasis di Marine Biological Association di Inggris, seperti dikutip dari Science Daily, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Hiu Paus Betina Ambil Alih Status Hewan Terbesar di Laut

 

 

Dalam studi, tim peneliti memeriksa foto yang diambil dan diunggah di situs web seperti WildBook oleh ilmuwan, masyarakat, dan pelaku industri pariwisata hiu paus di dua lokasi di Samudera Hindia.

Metode ini memungkinkan tim untuk membandingkan foto yang diambil tanpa peralatan khusus dari waktu ke waktu dan meningkatkan jumlah data yang tersedia untuk menilai dan memantau bagaimana luka hiu paus berubah.

"Dengan menggunakan metode baru, kami dapat menentukan bahwa hiu dapat sembuh dari cedera yang sangat serius dalam jangka waktu berminggu-minggu dan berbulan-bulan," kata Freya.

Peneliti juga menemukan kalau ada variasi dalam tingkat penyembuhan. Semisal saja cedera karena baling-baling membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh daripada jenis luka lainnya.

Jadi perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan pengaruh faktor lingkungan dan faktor hiu paus itu sendiri dalam penyembuhan luka dan cedera yang dialaminya.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Hiu Paus Punya Ribuan Gigi Kecil di Sekitar Mata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com