Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berolahraga Saat Puasa, dari Waktu Terbaik hingga Pilihan Jenis Olahraga

Kompas.com - 20/04/2022, 04:01 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Ingin tetap berolahraga selama bulan Ramadhan, tapi khawatir kelelahan saat berpuasa? Tenang saja, meski Anda harus menahan lapar dan haus, olahraga selama dilakukan di waktu yang tepat, justru akan membuat Anda lebih berenergi dan lebih sehat.

Melansir Global News, ahli gizi yang berbasis di Ontario, Anar Allidina mengatakan, waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah tepat sebelum matahari terbenam atau menjelang waktu berbuka puasa.

“Anda bisa lebih termotivasi dan bersemangat dengan mengetahui bahwa Anda akan segera berbuka puasa,” kata Allidina.

Baca juga: Puasa Bisa Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh, asalkan...

Jika jadwal Anda sibuk, sehingga tidak memungkinkan berolahraga, dia merekomendasikan untuk berolahraga sekitar satu jam setelah makan buka puasa. Pada saat itu, Anda akan mencerna beberapa makanan dan memiliki lebih banyak energi.

Sementara itu, dikatakan Allidina, waktu terburuk untuk pergi ke gym adalah di tengah hari, karena olahraga di siang hari saat berpuasa akan menyebabkan kelelahan dan tidak mungkin mengisi bahan bakar tubuh.

“Namun, jika siang hari adalah satu-satunya waktu senggang Anda, saya merekomendasikan berolahraga hanya 20 hingga 30 menit, dan melakukan latihan intensitas rendah,” saran Allidina.

Berapa lama harus berolahraga?

Jika Anda berolahraga menjelang berbuka atau sesudah makan malam, Anda dapat berolahraga untuk jangka waktu yang lebih lama.

Allidina merekomendasikan memulainya secara bertahap, dimulai sejak beberapa hari pertama Ramadhan dengan berolahraga selama setengah jam.

Kemudian setelah tubuh terbiasa berpuasa dan berolahraga, menurut Allidina mengatakan tidak masalah untuk berolahraga hingga satu jam.

Jenis olahraga saat berpuasa

Devinder Bains, pelatih pribadi dan ahli nutrisi di Fit Squad DXB menyarankan beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

1. Latihan ketahanan

Selain menggunakan karbohidrat yang disimpan tubuh untuk energi selama puasa, kemungkinan besar tubuh Anda juga akan beralih ke simpanan protein, ini dapat menyebabkan hilangnya massa otot.

Latihan ketahanan membantu menjaga massa otot. Anda bisa memilih latihan beban tubuh seperti squat, lunges, dan push-up atau tambahkan beban untuk deadlift, shoulder press, atau chest press.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Kepala Pusing Saat Puasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com