[POPULER SAINS] Kawah Terbesar di Bumi | 10 Gejala Long Covid pada Anak | Protokol Ubah Status Pandemi Jadi Endemi | Gejala Long Covid Omicron

Kompas.com - 03/03/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Sebuah kawah berbentuk bulan sabit di Timur Laut China disebut kawah terbesar di Bumi, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (2/3/2022).

Kawah tumbukan terbesar di Bumi ini terbentuk pada 100.000 tahun terakhir sebagai akibat dari benda luar angkasa yang menabrak Bumi.

Berita populer Sains lainnya yakni 10 gejala long Covid pada anak yang paling banyak ditemukan. Long Covid pada anak ini umumnya lebih ringan dibandingkan yang ditemukan pada orang dewasa.

Pemerintah tengah menyiapkan protokol untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang menurutnya didasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berita lainnya yang populer di Sains yakni gejala long Covid dan cara mencegahnya. Long covid adalah kumpulan gejala jangka panjang yang timbul setelah seseorang sembuh dari Covid-19.

Rupanya, fenomena long covid ini menarik perhatian para ahli karena cukup banyak orang yang merasakan efek long covid ini.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (2/3/2022) hingga Kamis (3/3/2022).

Ilmuwan ungkap kawah terbesar di Bumi

Struktur geologis yang terletak di pegunungan Lesser Xing'an, di lokasi kawah tumbukan terbesar di Bumi ini ditemukan pada Juli 2021.

Namun peneliti baru menerbitkan deskripsi kawah tumbukan yang bernama Kawah Yilan itu, baru-baru ini di Meteoritics and Planetary Science.

Berdasarkan penanggalan radiokarbon dari arang dan sedimen danau organik yang ada di situs tersebut, kawah berukuran 1,85 km itu terbentuk sekitar 46.000 hingga 53.000 tahun yang lalu.

Peneliti menemukan, bahwa di bawah lebih dari 100 meter terdapat lempengan granit breksi setebal hampir 320 meter, yang terdiri dari banyak fragmen berbatu.

Batuan ini memiliki bekas hantaman meteorit. Terlihat dari tanda-tanda meleleh dan mengkristal. Sementara fragmen batu lainnya mengandung kuarsa yang pecah dalam pola berbeda ketika meteorit itu jatuh.

Sebelumnya, kawah di Arizona memegang rekor sebagai kawah tumbukan terbesar yang berusia kurang 100.000. Diperkirakan kawah berusia 49.000 hingga 50.000 tahun dan memiliki diameter 1,2 kilometer.

Sedangkan kawah terbesar di Bumi berlokasi di pegunungan Lesser Xing'an, China. Selengkapnya berita populer Sains ini dapat disimak di sini.