Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seismograf, Penemuan Alat Deteksi Gempa yang Pertama Kali Digunakan di China

Kompas.com - 20/01/2022, 12:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penemuan seismograf telah memberikan warisan berharga dalam upaya mitigasi dan pencegahan bencana alam gempa bumi bagi dunia. Alat ini pun sangatlah penting bagi Indonesia dan negara lain, terutama yang berada di wilayah rawan gempa bumi.

Seperti kita tahu, bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang berada di kawasan Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, di mana kawasan ini merupakan daerah yang rawan terhadap gempa bumi.

Seismograf adalah alat deteksi gempa bumi yang penting bagi dunia. Fungsi seismograf biasanya digunakan untuk mencatat gelombang seismik yang disebabkan oleh gempa bumi, ledakan, atau fenomena alam yang mengguncang Bumi.

Dalam sejarah salah satu penemuan yang mengubah dunia ini, tidak lepas dari insinyur China bernama Zhang Heng dari Dinasti Han, pada tahun 132 Masehi.

Dilansir dari Britannica, Rabu (29/1/2020) Heng menciptakan seismograf yang diyakininya sebagai alat yang dapat mendeteksi adanya gempa.

Jika seismograf modern sudah dilengkapi dengan sensor elektromagnetik yang menerjemahkan gerakan tanah menjadi perubahan listrik, lalu direkam sirkuit analog atau instrumen digital.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Seismograf Digunakan di Bumi hingga Mars

Seismograf guci berhias Naga dan Katak

Berbeda dengan alat deteksi gempa bumi yang lebih modern, seismograf ciptaan ilmuwan China dari Dinasti Han ini relatif masih sangat sederhana.

Seorang sejarawan mengatakan, bahwa Heng menggunakan guci dari perunggu besar dilengkapi dengan delapan kepala naga yang menghadap ke arah mata angin. Di atas masing-masing mulut naga diletakkan bola.

Selain itu, di bagian dasar guci tepatnya di bawah setiap naga terdapat katak dengan jumlah yang sama duduk dengan mulut terbuka.

Ketika gempa bumi terjadi, maka bola-bola akan terlepas dari mulut naga yang disebabkan karena pendulum bagian dalam bergerak maju mundur sesuai dengan arah getaran. Bola ini kemudian ditangkap oleh mulut katak, dan menghasilkan suara.

Meski tidak bisa memprediksi adanya gempa, seismograf ciptaan Zhang Heng mampu menunjukkan dari mana asal gempa berada.

Alasan Zhang Heng yang juga seorang ahli matematika dan insinyur mesin ini, menciptakan alat deteksi gempa yang kemudian dikenal sebagai seismograf pertama di dunia tersebut, karen bencana gempa bumi dahsyat sering terjadi di daerah terpencil di China.

Baca juga: Alat Deteksi Gempa UGM Prediksi Gempa Bumi dari Aceh hingga NTT

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com