Kompas.com - 19/01/2022, 19:30 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah mengidentifikasi faktor risiko genetik potensial, yang dapat menjelaskan alasan beberapa orang kehilangan indera perasa dan penciuman saat terinfeksi Covid-19.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Gencetics, para peneliti di perusahaan genomik dan bioteknologi 23andMe mengumpulkan data mengenai kehilangan bau atau rasa terkait Covid-19.

Sebagai informasi, enam bulan setelah terinfeksi corona, sebanyak 1,6 juta orang di Amerika Serikat masih belum bisa mencium atau mengalami perubahan kemampuan mencium.

Meskipun penyebab hilangnya kemampuan rasa dan bau tersebut belum diketahui secara pasti, para ilmuwan menduga hal ini berasal dari kerusakan sel yang terinfeksi di bagian hidung yang disebut epitel penciuman, yakni sel-sel yang melindungi neuron penciuman untuk membantu manusia mencium.

Baca juga: Terapi Vitamin A Lewat Hidung Sedang Diuji Coba untuk Obati Anosmia

"Bagaimana kita mendapatkan infeksi hingga kehilangan penciuman masih belum jelas," kata seorang profesor otolaringologi di Universitas Vanderbilt Dr. Justin Turner, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Data awal menunjukkan sel-sel pendukung epitel penciuman paling banyak terinfeksi oleh virus, dan mungkin ini menyebabkan kematian neuron itu sendiri. Tapi kami tidak benar-benar tahu mengapa dan kapan itu terjadi, dan mengapa itu tampaknya terjadi pada orang tertentu," lanjut dia.

Sebuah lokus genetik di dekat dua gen penciuman dikaitkan dengan hilangnya kemampuan indera penciuman dan rasa yang disebabkan oleh Covid-19. Lokus merupakan posisi tetap dari gen pada kromosom.

Faktor risiko genetik ini meningkatkan kemungkinan seseorang yang terinfeksi SARS-CoV-2 akan mengalami kehilangan penciuman atau pengecapan sebesar 11 persen. Namun, beberapa perkiraan menunjukkan 4 dari 5 pasien Covid-19 mendapatkan kembali kemampuan dari kedua indera tersebut.