Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Ekologis Hutan Mangrove dan Pentingnya Rehabilitasi Kawasan Ini

Kompas.com - 29/12/2021, 19:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comHutan mangrove adalah ekosistem yang berada di kawasan muara pantai. Kawasan ini ditumbuhi oleh tumbuhan bakau. Mangrove menjadi solusi penting untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan di kawasan pesisir.

Fungsi ekologis hutan mangrove

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis, yaitu sebagai daerah pemijahan, pengasuhan, dan tempat mencari makan sebagian besar jenis biota laut.

Dilansir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, peningkatan luas hutan mangrove akan diikuti dengan peningkatan produksi ikan baik ikan budidaya maupun nonbudidaya. Contoh hewan yang banyak berkembang biak di hutan mangrove adalah udang, ikan, dan kepiting.

Tumbuhan bakau di hutan mangrove mampu memperkaya berbagai bahan organik yang diperlukan oleh berbagai biota laut untuk hidup, contohnya sebagai sumber makanan.

Selain itu, hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yang kedua, yaitu sebagai pelindung pantai. Akar tumbuhan bakau memiliki karakter yang unik sehingga mampu berdiri kokoh di atas pasir. Tumbuhan inilah yang berfungsi sebagai pelindung pantai.

Tumbuhan bakau akan menahan kuatnya gelombang laut sehingga mengurangi risiko abrasi pantai. Begitu juga sebaliknya, tumbuhan bakau berfungsi menahan benda asing yang terbawa dari darat jika terjadi banjir atau longsor agar tidak mencemari laut.

Baca juga: Ini Fungsi Hutan Mangrove bagi Kehidupan di Pesisir

Pentingnya rehabilitasi hutan mangrove

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial, tingkat kerusakan mangrove di Indonesia sebanyak 5,9 juta hektar atau sekitar 68,8 persen. Kerusakan ini sangat tinggi dan mengancam ekosistem hutan mangrove.

Rusaknya hutan mangrove disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pengelolaan yang kurang efektif, lemahnya penegakan hukum, pencemaran, dan sedimentasi. Selain faktor manusia, terjadinya berbagai bencana alam seperti longsor, banjir, dan tsunami juga berperan dalam rusaknya hutan mangrove.

Konservasi atau pengembalian hutan mangrove bertujuan untuk mengoptimalkan kembali fungsi-fungsi hutan mangrove, khususnya fungsi ekologis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com