Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mercusuar Tertinggi di Dunia, Nomor 2 Sudah Berdiri Sejak Tahun 1539

Kompas.com - 25/12/2021, 08:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comMercusuar adalah bangunan yang menjulang tinggi dengan lampu besar di bagian paling atas. Bangunan ini biasanya berada di pinggir pantau atau di bagian laut dangkal.

Fungsi utama mercusuar adalah sebagai tanda untuk kapal laut yang mendekat bahwa terdapat lautan dangkal atau karang di dekat mercusuar tersebut. Bangunan ini akan mencegah kapal dari karam atau terdampar di laut dangkal.

Tidak hanya itu, mercusuar juga menjadi ikon arsitektur unik di berbagai negara. Kali ini kita akan membahas mercusuar tertinggi di dunia.

1. Mercusuar Jeddah, Arab Saudi

Mercusuar tertinggi di dunia adalah Mercusuar Jeddah, Mercusuar ini memiliki tinggi 133 meter dan dibangun pada tahun 1990. Bangunan ini menghasilkan 3 cahaya lampu setiap 20 detik.

Baca juga: Daftar Jam Terbesar di Dunia, Nomor 1 Terletak di Ketinggian 600 Meter

2. Maritim Strandhotel Travemunde, Jerman

Mercusuar tertinggi kedua adalah Maritim Strandhotel Travemunde yang memiliki tinggi 119 meter. Mercusuar ini adalah salah satu yang tertua karena dibangun pada tahun 1539 dan beroperasi sampai tahun 1972.

Saat ini Maritim Strandhotel Travemunde menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika ke Jerman. Anda perlu bersusah payah menaiki 142 anak tangga untuk mencapai puncaknya, namun pemandangan yang akan Anda dapatkan di atas tidak akan mengecewakan Anda.

3. Yokohama Tower, Jepang

Yokohama Tower adalah mercusuar yang dibangun sebagai monumen di Pelabuhan Yokohama pada tahun 1961. Bangunan ini memiliki tinggi 117 meter. Awalnya, lampu yang digunakan di mercusuar ini berwarna merah dan hijau. Namun, sekarang lampu yang digunakan berwarna putih.

4. Perry Memorial Monument, Amerika Serikat

Perry Memorial Monument memiliki tinggi 107 meter. Mercusuar ini dibangun pada 1912 untuk mengenang Perang Danau Erie yang terjadi di sekitar Pulau South Bass, Ohio. Selain itu, bangunan ini juga menandakan perdamaian antara Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat setelah perang pada tahun 1812.

5. Mercusuar Bicentennial, Argentina

Mercusuar Bicentennial merupakan ikon dari kota setempat. Mercusuar ini berdiri setinggi 102 meter. Bangunan ini dijadikan museum peringatan dua abad Argentina. Sayangnya, Anda tidak akan bisa menikmati pemandangan dari atas bangunan ini. Museumnya hanya dibuka di bagian bawah bangunan.

Jadi, mercusuar mana yang ingin Anda kunjungi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com