Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Goa Terbesar di Dunia, Tingginya Setara Gedung 40 Lantai

Kompas.com - 26/11/2021, 14:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGoa adalah ruang yang berada di bawah tanah dan terbentuk secara alami. Goa banyak terbentuk di hutan dan pegunungan. Tidak dimungkiri, goa memiliki pesona tersendiri di balik suasananya yang gelap dan dingin. Goa tidak selamanya sempit, ternyata terdapat goa terbesar di dunia yang besarnya menyaingi gedung pencakar langit di New York.

Berikut adalah daftar goa terbesar di dunia yang perlu Anda kunjungi.

1. Goa Son Doong, Vietnam

Goa terbesar di dunia adalah Goa Son Doong di Vietnam. Goa terbesar ini memiliki tinggi setara dengan gedung pencakar langit dengan 40 lantai atau sekitar 200 meter. Untuk mencapai kawah goanya, pengunjung perlu berjalan menuruni goa sedalam 79 meter.

Goa Son Doong pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang penduduk hutan setempat bernama Ho Khankh. Ekspedisi lebih jauh dilakukan pada tahun 2009 oleh British Cave Research Association.

Salah satu keunikan yang bisa Anda temukan di Goa Son Doong adalah terdapat stalagmit terbesar di dunia. Stalagmit terbesar ini memiliki ukuran 80 meter. Selain itu, goa ini diperkirakan berumur 3 juta tahun.

Karena ukurannya yang luar biasa, goa ini termasuk ke dalam goa yang dilindungi oleh UNESCO. Berbagai upaya dilakukan untuk melindungi goa ini, termasuk membatasi pengunjung yang datang ke goa ini. Hanya 300 sampai 500 izin yang dikeluarkan setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda mungkin harus menunggu sekitar 2 tahun untuk mendapatkan izin masuk ke dalam goa ini.

Baca juga: Gua Es di Bawah Gletser Austria Ungkap Kisah Runtuhnya Gletser Pegunungan Alpen

2. Goa Mammoth, Amerika Serikat

Goa Mammoth ini adalah goa terbesar di dunia jika diukur berdasarkan panjangnya. Panjang Goa Mammoth adalah 651,7 kilometer. Para peneliti memperkirakan masih terdapat lebih dari 965 kilometer lagi panjang goa yang belum terjamah.

Goa ini terletak di negara bagian Kentucky, Amerika Serikat, tepatnya di Mammoth Cave National Park. Sama seperti goa terbesar sebelumnya, goa ini juga termasuk goa yang dilindungi oleh UNESCO.

3. Sistema Sac Actun, Meksiko

Goa ketiga adalah goa yang sangat unik karena ini adalah goa bawah air terbesar di dunia. Goa ini diketahui menghubungkan beberapa kanal goa, seperti Sistema Dos Ojos dan Sistema Ox Bel Ha. Ekspedisi untuk mengetahui goa ini lebih detail masih sangat terbatas. Goa ini memiliki panjang sekitar 321 kilometer. Goa bawah air pertama kali ditemukan pada tahun 1987.

Itu dia tiga goa terbesar di dunia. Apa Anda tertarik mengunjungi ketiganya?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com