Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2021, 16:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para pelajar, menentukan jadwal belajar dan mengerjakan tugas adalah hal yang penting agar kegiatan akademik dapat berjalan secara disiplin.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan jadwal belajar, salah satunya adalah waktu produktif yang berbeda setiap individunya.

Di samping itu, beberapa orang percaya dengan waktu-waktu tertentu yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk belajar

Pengaruh waktu terhadap kemampuan otak

Dilansir dari Oxford Learning, otak siswa cenderung paling tajam di pagi hari, setelah tidur malam yang menyegarkan dan sarapan yang bergizi. 

Ini menjadikan pagi hari sebagai waktu yang tepat untuk membuka buku teks, mempelajari sesuatu yang baru, atau melihat kembali catatan dari hari sebelumnya.

Baca juga: Ukuran Gigi Taring Manusia Menyusut Seiring Waktu, Kok Bisa?

Dengan otak yang lebih waspada, seseorang memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengingat detail seperti nama, tempat, tanggal, dan fakta.

Di sore hari, otak lebih pandai mengintegrasikan informasi baru dengan apa yang sudah mereka ketahui. Selama waktu ini, pelajar dapat membuat koneksi dan membuat informasi yang telah mereka pelajari lebih bermakna.

Kapan waktu terbaik untuk belajar?

Tidak ada waktu yang "terbaik" untuk belajar. Masing-masing individu memiliki waktu paling produktif dalam sehari, yakni saat memiliki energi paling banyak.

Setiap pelajar juga memiliki gaya belajar yang unik sehingga setiap individu dapat belajar lebih baik pada waktu yang berbeda dalam sehari. 

Bagi beberapa pelajar, fokus pada tugas sekolah lebih mudah pada pagi hari, sementara yang lain mungkin menemukan bahwa belajar di malam hari lebih baik bagi mereka.

Baca juga: Negara dengan Zona Waktu Terbanyak, Memiliki 12 Zona Waktu

Belajar di pagi hari

Bagi pelajar yang memiliki lebih banyak energi di pagi hari, belajar di pagi hari dapat bekerja paling baik, ketika otak lebih mampu untuk fokus.

Pelajar yang belajar di pagi hari mendapat manfaat dari pikiran yang segar dan berenergi setelah tidur malam yang nyenyak. Energi ini membuatnya lebih mudah untuk fokus pada apa yang sedang dipelajari dan menyerap informasi dengan lebih efektif.

Berikut adalah beberapa manfaat belajar di pagi hari:

  • Otak disegarkan dari tidur yang nyenyak dan dapat menyerap lebih banyak informasi.
  • Cahaya alami baik untuk mata dan membuat tetap waspada.
  • Tidak mengganggu jadwal tidur.
  • Lebih mudah membuat kelompok belajar dengan teman sekelas.

Belajar di malam hari

Bagi pelajar yang memiliki energi lebih di sore atau malam hari, malam bisa menjadi waktu yang lebih efektif untuk belajar. 

Baca juga: Studi Baru Ungkap Waktu Kemunculan Benua Pertama di Bumi

Dengan lebih sedikit gangguan dan ketenangan, belajar di malam hari dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Jika memilih malam hari sebagai waktu terbaik untuk belajar, penting untuk memastikan waktu tidur setiap malam tetap cukup. Jika pekerjaan rumah atau belajar menunda waktu tidur, biasakan untuk memulai sedikit lebih awal dan berpegang pada jadwal malam.

Berikut adalah beberapa manfaat belajar pada sore/malam hari:

  • Lebih damai dan tenang.
  • Lebih sedikit gangguan.
  • Pikiran yang lebih jernih untuk berpikir kreatif
  • Tidur setelah belajar dapat. mengkonsolidasikan informasi dan meningkatkan daya ingat.

Menemukan waktu terbaik untuk belajar

Ingat, masing-masing individu dapat menggunakan kombinasi teknik belajar, termasuk jam berapa ia menjadwalkan sesi belajar. 

Setelah mengetahui waktu yang paling produktif, pelajar dapat mulai belajar dengan lebih efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com