Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara dengan Tingkat Deforestasi Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia

Kompas.com - 15/12/2021, 20:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comDeforestasi dianggap menjadi masalah lingkungan yang perlu mendapatkan perhatian, bukan hanya dari pemerintah, namun juga masyarakat. Efek deforestasi yang utama adalah menjadi salah satu faktor penyebab perubahan iklim dan juga hilangnya keanekaragaman hayati.

Deforestasi menjadi masalah besar di berbagai negara. Berikut adalah daftar negara dengan tingkat deforestasi tertinggi di dunia.

1. Honduras

Dahulu, Honduras adalah negara yang 50 persen wilayahnya tertutupi hutan. Sejak tahun 1990 sampai tahun 2005, Honduras telah kehilangan 37 persen wilayah hutannya. Bahkan hutan primer yang tersisa hanya 16 persen dari total hutan yang tersisa.

2. Nigeria

Sama dengan Honduras, setengah wilayah Nigeria adalah hutan. Sayangnya, sebanyak 10 persen hutan telah ditebang. Selain itu, hutan primer yang tersisa hanya kurang dari 1 persen.

3. Filipina

Dahulu, semua dataran Filipina adalah hutan. Sekarang hanya 35 persen daratan Filipina yang masih merupakan hutan. Dengan tingkat deforestasi mencapai 26 persen per tahun, hutan Filipina menjadi salah satu hutan yang terancam.

Baca juga: Negara dengan Jumlah Hutan Terluas di Dunia, Indonesia Masuk 10 Besar

4. Benin

Benin sejak awal memang tidak memiliki banyak hutan. Hanya sekitar 16 persen wilayahnya yang merupakan hutan. Namun, laju deforestasi di Benin sangat tinggi, yaitu mencapai 31 persen. Bahkan, Benin tidak lagi memiliki hutan primer.

5. Ghana

Ghana sebelumnya memiliki hutan hampir dua per tiga wilayahnya. Saat ini, hutan di Ghana hanya tersisa kurang dari 10 persen dan tidak ada lagi hutan primernya. Bahkan para ahli mengatakan, tidak ada cara lagi untuk sisa hutan tersebut bertahan dalam waktu yang lebih lama.

6. Indonesia

Walaupun Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara dengan hutan terluas di dunia, ternyata tingkat deforestasi di Indonesia sangat tinggi. Total penebangan hutan yang terjadi di Kalimantan antara tahun 1985 sampai tahun 2000 bahkan lebih tinggi dari total penebangan hutan di seluruh Afrika dan Amerika Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com