Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Hillier, Danau Berwarna Merah Muda di Australia

Kompas.com - 25/11/2021, 18:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Danau berwarna biru atau hijau memang memanjakan mata. Bagaimana dengan danau berwarna merah muda? Danau berwarna merah muda benar-benar ada warnanya terjadi secara alami. Bagaimana faktanya?

Kenapa Danau Hillier berwarna merah muda?

Danau Hillier adalah danau yang terletak di Australia bagian barat. Danau ini terbentang sepanjang 599,8 meter dengan lebar 250 meter. Danau ini memiliki warna air merah muda bisa dijelaskan secara ilmiah.

Danau Hillier merupakan habitat bagi Halobacteria dan alga Dunalliella salina. Keduanya hanya ditemukan di perairan asin, sama seperti Laut Mati.

Kedua makhluk hidup ini mengeluarkan zat pigmen karotenoid yang berwarna merah. Jumlah bakteri dan alga ini sangat banyak sehingga bisa membuat seluruh danau ini berwarna merah muda.

Baca juga: Daftar Danau Terbesar di Dunia, Nomor 1 Memiliki Air Asin Seperti Laut

Apakah air merah muda bisa diminum?

Air merah muda di Danau Hillier ini tidak direkomendasikan untuk diminum karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Bahkan, air danau ini desebut 10 kali lebih asin dari air laut yang berada di dekatnya.

Selain itu, danau ini juga termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Murray-Sunset dan menjadi danau yang dilindungi. Pemerintah inginn menjaga keunikan alam ini agar masih bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Anda hanya bisa menikmati tempat ini dengan tur melalui udara untuk melihat danau ini secara langsung, atau dengan menaiki kapal laut.

Danau merah muda di dunia

Jika Anda masih penasaran ingin mengunjungi danau merah muda lebih dekat, Anda bisa mengunjungi beberapa danau merah muda lainnya di seluruh dunia. Berikut daftar danau merah muda di seluruh dunia:

  • Laguna Colorado, Bolivia
  • Hutt Lagoon, Australia
  • Las Salinas de Torrevieja, Spanyol
  • Danau Retba, Senegal
  • Laguna Sivash Salt, Rusia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com