Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Risiko Penyakit Jantung, Ini Jadwal dan Saran Asupan Makanan

Kompas.com - 08/10/2021, 07:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pola makan, asupan makanan dan minuman, serta jadwal makan yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesehatan, serta menyebabkan risiko penyakit jantung.

Mengonsumi makanan dan minuman menjadi hal yang penting untuk tubuh karena dapat diubah menjadi energi.

Namun, jika makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sehat ataupun tidak tepat waktunya, maka ini akan berisiko memicu berbagai penyakit lambung dan juga jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Fachmi Ahmad M Sp.JP dalam webinar edukasi Primaya Hospital bertajuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah, Rabu (29/9/2021) menjelaskan mengenai pola makan dan minum yang tepat agar terhindar dari risiko penyakit jantung.

Makanan tidak sehat adalah yang memiliki kandungan lemak jenuh, lemak trans, gula, garam, karbohidrat dan kolesterol yang cukup tinggi.

Makanan dan minuman dengan kandungan-kandungan tidak sehat tersebut, jika dikonsumsi secara terus-menerus dan sering, maka akan mengakibatkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

Baca juga: Studi: Terapi Radiasi Kanker Payudara Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

 

Selain itu, pola makan tidak sehat dengan terlalu banyak asupan makanan mengandung garam atau sodium, bisa meningkatkan tekanan darah atau hipertensi, yang dapat memicu risiko penyakit jantung.

Fachmi menjelaskan, bila terlalu banyak, bahan pangan tersebut bisa mengganggu kerja jantung dan pembuluh darah.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak dan makanan cepat saji juga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Adapun makanan untuk kesehatan jantung yang disarankan atau direkomendasikan adalah makanan dan minuman yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serat, antioksidan, potasium, dan fitosterol.

"Zat-zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol, menjaga elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah,” jelasnya.

Demi menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung, setidaknya menjaga asupan makanan sebanyak tiga kali sehari dan dapat diselingi kudapan pada pagi menjelang siang, serta sore hari.

Baca juga: 5 Pola Hidup yang Berpotensi Sebabkan Penyakit Jantung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com