Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Obat Herbal Keputihan yang Bisa Didapatkan di Rumah

Kompas.com - 10/09/2021, 19:45 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.comKeputihan banyak dialami oleh wanita. Sebenarnya keluarnya cairan dari vagina adalah normal jika warnanya bening hingga sedikit putih. Namun jika jumlahnya banyak, berubah warna, gatal hingga berbau tidak sedap, ini menandakan ada yang tidak normal.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa obat herbal keputihan.

Baking soda

Baking soda atau soda kue memiliki potensi untuk membunuh jamur. Sebuah penelitian tahun 2014, membuktikan bahwa soda kue ampuh membunuh jamur Candida. Jamur Candida adalah salah satu penyebab keputihan pada vagina.

Selain itu, larutan soda kue juga terbukti ampuh meredakan rasa gatal pada pasien eksim. The National Eczema Foundation merekomendasikan untuk mencampur seperempat cangkir soda kue ke dalam air mandi Anda.

Apple cider vinegar

Apple cider vinegar atau cuka apel bisa meredakan keputihan akibat infeksi jamur. Sayangnya, belum ada cukup penelitian untuk membuktikan efek ini serta apa saja efek sampingnya.

Baca juga: Jenis-jenis Keputihan dan Penyebabnya

Suplemen probiotik

Bakteri penting untuk menjaga keseimbangan di vagina. Probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam vagina. Anda bisa mengonsumsi probiotik tersebut dengan membelinya di apotek.

Minyak kelapa

Sebuah studi yang dipublikasikan di Hindawi menyebutkan bahwa minyak kelapa mampu membunuh jamur Candida albicans. Sehingga berpotensi untuk menyembuhkan keputihan. Namun, efektivitasnya pada manusia belum diuji coba.

Makanan probiotik

Makanan yang kaya akan probiotik tidak hanya bisa menyehatkan bakteri di saluran pencernaan, namun juga di vagina. Contoh makanan kaya probiotik yang bisa Anda konsumsi antara lain yogurt, kimchi, kombucha, dan miso.

Daun sirih

Ini adalah obat herbal keputihan yang paling terkenal di Indonesia. Anda bisa membasuh vagina dengan air rebusan sirih atau menggunakan produk yang mengandung ekstrak daun sirih. Daun sirih terbukti secara ilmiah bisa mengurangi keputihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com