Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2021, 20:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan memiliki banyak manfaat untuk makhluk hidup lain, di antaranya adalah menghasilkan oksigen, karbohidrat, protein, lemak, dan mineral.

Terdapat organ-organ dalam tumbuhan yang menjalankan masing-masing fungsi, misalnya organ berupa akar, batang, dan daun yang berperan menghasilkan oksigen.

Organ-organ tumbuhan tersebut bekerja sama menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.

Struktur dan fungsi daun

Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang tumbuh di ranting. Umumnya, daun berwarna hijau karena adanya zat hijau daun yang disebut klorofil.

Bukan sekadar memberikan warna hijau, klorofil juga berfungsi untuk menangkap energi dari cahaya Matahari dalam proses fotosintesis.

Baca juga: Tumbuhan Berpembuluh: Ciri, Jenis, dan Contohnya

Daun merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Pasalnya, tumbuhan adalah organisme autotrof, yakni makhluk hidup yang memasok kebutuhannya sendiri melalui fotosintesis, yakni konversi cahaya Matahari menjadi energi kimia.

Pada proses fotosintesis, cahaya adalah sumber energi. Energi tersebut ditangkap oleh klorofil, sedangkan gas karbon dioksida dan air adalah bahan baku untuk menghasilkan glukosa dan oksigen.

Dirangkum dari buku Kenali Lebih Jauh tentang Tumbuhan (2018), selain sebagai tempat berlangsung fotosintesis, daun juga memiliki fungsi-fungsi lainnya, yakni:

a. Sebagai alat respirasi

Daun berfungsi sebagai alat respirasi atau pernapasan. Organ pernapasan tumbuhan yang terletak di daun adalah stomata.

b. Sebagai alat reproduksi

Daun merupakan alat reproduksi vegetatif, contohnya adalah tanaman cocor bebek yang membentuk tunas daun. Dalam hal ini, daun bertugas untuk memperbanyak tanaman.

Baca juga: Perbedaan Metagenesis Tumbuhan Paku dan Lumut

c. Mengatur proses transpirasi

Daun berperan dalam proses penguapan air pada daun yang melalui stomata dan kutikula yang berada di permukaan daun dan di bagian bawah daun.

d. Proses gutasi

Dalam proses gutasi, daun menjadi tempat keluarnya cairan atau air yang berupa tetesan-tetesan.

Sebagaimana organ lain pada tumbuhan, daun juga memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang beragam.

Perbedaan tersebut bisa menjadi ciri dari tumbuhan tersebut. Misalnya, peruratan daun merupakan tanda untuk mengetahui suatu tumbuhan termasuk dikotil atau monokotil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com