Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2021, 22:01 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Indonesia memiliki persebaran flora dan fauna yang berdasarkan pada sejarah pembentukan daratan kepulauan Indonesia pada zaman es.

Dilansir dari artikel “Keanekaragaman Hayati Flora di Indonesia” yang terbit di Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, persebaran flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi flora Dtaran Sunda, flora daerah peralihan, dan flora Dataran Sahul.

Flora daerah peralihan (Wallace)

Flora daerah peralihan atau flora Indonesia bagian tengah meliputi wilayah Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Tumbuhan di wilayah-wilayah tersebut terpengaruh oleh flora di benua Asia dan Australia sehingga digolongkan sebagai flora daerah peralihan.

Misalnya, jenis tumbuhan pantai, dataran rendah, dan ultra mirip dengan flora Papua, sedangkan tumbuhan gunung pada ketinggian 1.000 m atau lebih mirip dengan jenis tumbuhan di Kalimantan.

Baca juga: Seri Flora Nusantara: Rhododendron Loerzingii, Pernah Dianggap Punah

Tumbuhan yang mendominasi flora Indonesia bagian tengah adalah jenis tumbuhan dari suku Araucariaceae, Myrtaceae, dan Verbenaceae.

Wilayah Indonesia bagian tengah memiliki sifat iklim yang lebih kering dengan kelembapan udara yang rendah, kecuali di sekitar Kepulauan Maluku.

Dilansir dari buku Uniknya Flora dan Fauna di Indonesia, corak vegetasi yang tersebar di wilayah Wallace antara lain:

a. Vegetasi sabana dan stepa tropis di wilayah Nusa Tenggara

b. Vegetasi hutan pegunungan di sekitar Sulawesi

c. Vegetasi hutan campuran di wilayah Maluku dengan jenis rempah-rempah, seperti pala, cengkeh, kayu manis, kenari, kayu ebony, dan lontar.

Baca juga: Fauna Pulau Kalimantan

Flora Dataran Sunda

Flora Dataran Sunda merupakan flora Indonesia bagian barat yang wilayahnya meliputi Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Bali.

Flora Indonesia bagian barat terpengaruh oleh flora Asia karena memiliki ciri-ciri yang hampir sama.

Adapun jenis tumbuhan yang mendominasi kelompok flora Indonesia bagian barat adalah jenis tumbuhan berhabitus pohon dari suku Dipterocarpaceae.

Flora Dataran Sahul

Flora Dataran Sahul atau flora Indonesia bagian timur meliputi wilayah Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Disebut juga dengan flora Australis, tumbuhan di Indonesia bagian timur terpengaruh oleh karakter tumbuhan di Benua Australia. Jenis tumbuhan yang mendominasi adalah pohon dari suku Araucariaceae dan Myrtaceae.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com